Perbedaan Ilmu dan Harta Menurut Ibnul Qayyim

 

Ilmu dan harta merupakan kebutuhan manusia. Harta termasuk kebutuhan jasamani sedangkan ilmu merupakan kebutuhan rohani. Namun sebenarnya kebutuhan terhadap ilmu jauh lebih utama dari pada kebutuhan terhadap harta. Karena ilmu lebih utama dari harta. Para ulama menyebutkan beberapa perbedaan mendasar antara ilmu dengan harta, diantaranya.

  1. Ilmu merupakan warisan para Nabi, sedangkan harta merupakan warisan para raja dan orang-orang kaya,
  2. Ilmu menjaga pemiliknya, sedangkan pemilik harta menjaga hartanya,
  3. Ilmu bertambah dengan disampaikan dan diberikan (diajarkan) kepada orang lain, sedangkan berkurang jika dibelanjakan kecuali sedekah, karena sedekah tidak mengurangi harta.
  4. Ilmu akan menemani pemiliknya di kuburan, sedangkan harta akan ditinggalkan saat meninggal dunia, kecuali harta yang disedekahkan sebagai sedekah jariah.
  5. Ilmu merupakan hakim (pemutus perkara) atas harta, karena orang berilmulah yang pantas menjadi hakim, sedangkan harta diatur berdasarkan ilmu.
  6. harta dapat diperoleh oleh orang baik dan orang jahat, sedangkan ilmu yang bermanfaat hanya diberikan kepada orang beriman.
  7. Ilmu dibutuhkan oleh raja-raja dan orang lain, sedangkan pemilik harta dibutuhkan oleh orang-orang papa dan tak berpunya.
  8. Pemilik harta sewaktu-waktu bisa saja jatuh miskin, sedangkan ilmu tidak ada kekhwatiran akan hilang kecuali jika pemiliknya menyia-nyiakannya.
  9. harta mengajak manusia kepada dunia, sedangkan ilmu mengajak untuk beribadah kepada Allah,
  10. Kadang harta menjadi sebab kebinasaan pemiliknya, tidak sedikit orang kaya yang jadi korban kekerasan dan perampokan, sedangkan ilmu merupakan inti kehidupan seseorang meskipun setelah meninggal dunia.
  11. Bahagia karena ilmu kekal abadi, sedangkan bahagia karena harta akan hilang dan berakhir.
  12. Nilai dan kada seorang pada dirinya yang berilmu sedangkan nilai orang kaya pada hartanya.
  13. orang kaya dengan hartanya mengajak kepada dunia, sedangkan orang berilmu dengan ilmunya mengajak kepada akhirat.

Semoga Allah mengarunia kita ilmu yang bermafaat dan harta yang berkah.

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.