DPW DKI Jakarta dan Depok

Ahlul Qur’an, Siapakah Mereka?

8
Ilustasi: Santri Penghafal Al-Qur’an sedang saling simak Hafalan. Foto: Istimewa.

Pertanyaan:

Assalamu ‘alaikum ustadz. Saya pernah dengar bahwa Ahlul Qur’an merupakan keluarga Allah. Sipakah mereka yang dimaksud sebagai ahlul Qur’an?

Jawaban:

Ahlul Qur’an adalah hamba-hamba pilihan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, sebagaimana  dikabarkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits riwayat Ahad dan Ibnu Majah;

إِنَّ لِلَّهِ أَهْلِينَ مِنَ النَّاسِ قَالُوا : مَنْ هُمْ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ قَالَ : أَهْلُ الْقُرْآنِ هُمْ أَهْلُ اللَّهِ وَخَاصَّتُهُ

Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, “Siapakah mereka ya Rasulullah?” Rasul menjawab, “Para ahli Al Qur’an. Merekalah keluarga Allah dan hamba pilihanNya” (HR. Ahmad, dan Ibnu Majah, dishahihkan oleh Syekh AL-Albani)

Al-Munawi rahimahullah berkata dalam Faidhul Qadir,

“Maksudnya adalah para penghafal Al-Qur’an yang mengamalkannya, mereka itu adalah kekasih Allah yang dikhususkan dari kalangan manusia. Mereka dinamakan seperti itu sebagai bentuk penghormatan kepada mereka seperti penamaan Baitullah.

BACA JUGA: Setelah Hafal Lupa Lagi, Apa Solusinya? 

Al-Hakim At-Tirmizi berkata,

“Sesungguhnya keutamaan ini berlaku bagi para pembaca yang telah membersihkan hatinya dari sifat lalai dan menghilangkan dosa pada dirinya. Tidak termasuk orang khususnya kecuali bagi orang yang membersihkan dirinya dari dosa yang tampak maupun tersembunyi, lalu menghiasi dirinya dengan ketaatan. Maka ketika itu, dia termasuk orang khusus Allah.” (Faidhul Qadir, 3/87)

Syaikh Shalih Al-Fauzan juga mengatakan;

“Yang dimaksud ahlul qur’an  bukan orang yang sekedar menghafal dan membacanya saja. Ahlul qur’an (sejati) adalah yang mengamalkannya, meskipun ia belum hafal Qur’an. Orang-orang yang mengamalkan Al-Qur’an; menjalankan perintah dan menjauhi larangan, serta tidak melanggar batasan-batasan yang digariskan Al-Qur’an, mereka itulah yang dimaksud ahlul qur’an, keluarga Allah serta orang-orang pilihannya Allah. Merekalah hamba Allah yang paling istimewa.

Dari uraian dan jawaban para ulama di atas dapat disimpulkan bahwa Ahlul Qur’an mereka yang dekat dengan Al-Qur’an dalam arti membaca, menghafal, dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an.

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.