Asmaul Husna [20]:  Al-‘Alim (Maha Mengetahui)

Asmaul Husna [20]:  Al-‘Alim (Yang Maha Mengetahui)

Al-‘Alim artinya Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengetahui segala sesuatu sebelum dan sesudah sesuatu itu ada. Tidak  ada sesuatupun di bumi dan di langit yang tersembunyi dari penglihatan Allah. Segala sesuatu baik yang dekat maupun yang jauh dapat dilihatNya.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman;

Katakanlah Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua Kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar dan dialah Maha Pemberi Keputusan lagi maha mengetahui”. (Qs. Saba: 26).

Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang Maha Pencipta lagi maha mengetahui”. (Qs. Al-Hijr: 86).

Maha Suci engkau tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang engkau ajarkan kepada kami sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mengetahui lagi maha bijaksana”. (Qs.Al-Baqarah:32).

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda;

Setiap hamba Allah subhanahu wa ta’ala yang mengucapkan setiap pagi dan petang Dengan nama Allah yang karenanya yang karena namanya tidak ada sesuatupun yang membahayakan baik di bumi dan di langit dan Allah Maha Mengetahui mendengar dan maha mengetahui sebanyak 3 kali maka tidak ada sesuatupun yang dapat membahayakan nya”.

Kadang-kadang ada juga hambaNya yang mempunyai sifat mengetahui. Orang  seperti itu dinamakan Alim, dan dalam bentuk jamak disebut ulama. Namun  sungguh jauh perbedaan antara ilmu Allah subhanahu wa ta’ala dan ilmu hambaNya. Ilmu  seorang makhluk sangat terbatas. Sedangkan ilmu Allah subhanahu wa ta’ala melingkupi segala sesuatu dan tidak ada batasnya. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman;

Ingatlah bahwa sesungguhnya Dia Maha meliputi segala sesuatu”. (Qs. Fushilat: 54).

Letak perbedaan yang lain adalah karena ilmu manusia sangat tergantung dengan sarana, prasarana, penelitian dan lain sebagainya. Semua  itu sangat memungkinkan terjadinya perubahan pada ilmu tersebut sedangkan ilmu Allah subhanahu wa ta’ala bersifat tetap dan tidak akan berubah.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman;

Dan tidaklah Tuhanmu lupa”. (Qs. Maryam:64).

Kemudian  semua ilmu yang kita miliki tidak lain adalah pemberian dari Allah subhanahu wa ta’ala. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman;

Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya”. (Qs. Al-Baqarah: 255).

 “Dan juga Karena Allah telah menurunkan kitab dan hikmah kepadamu dan telah mengajarkan kepada mu apa yang belum kamu ketahui”. (Qs. an-Nisa: 113).

 Agar  manusia yang berilmu tidak merasa bangga dengan ilmunya sehingga membuatnya sombong. Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengingatkan mereka bahwa;

Dan di atas tiap-tiap Orang yang berpengetahuan itu ada lagi yang Maha Mengetahui”. (Qs.Yusuf:76).

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.