Asmaul Husna [8] Al Muhaimin (Yang Maha Pemelihara)

Asmaul Husna [8]: Al Muhaimin (Yang Maha Pemelihara)

Al Muhaimin artinya Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengawasi dan menyaksikan seluruh makhluk-Nya, berkuasa atas diri mereka dengan penuh perhatian dan kekuasaan, memberi mereka rezeki dan kehidupan.

Dengan nama ini, maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengetahui seluruh perbuatan kita, baik itu yang kita tampakkan ataupun kita sembunyikan, di siang hari ataupun malam hari. Tidak ada sesuatupun dilangit dan di bumi yang tersembunyi dari penglihatan-Nya. Bahkan gerakan mata yang cepat dan lintasan niat dalam hati, dapat diketahui-Nya.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman,

الْمُهَيْمِنُ مُؤْمِنُ ا لسَّلَامُ ا لْقُدُّوسُ ا الْمَلِكُ هُوَ لَّا إِلَٰهَ لَا ي الَّذِ اللَّهُ هُوَ

Dia Lah Allah yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selainDia, Raja Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara.” (Al Hasyr ; 23)

شُهُودًا عَلَيْكُمْ كُنَّا إِلَّا عَمَلٍ مِنْ تَعْمَلُونَ وَلَا

Dan kamu tidak mengerjakan suatu pekerjaan, melainkan kami menjadi saksi atasmu diwaktu kamu melakukannya.” (Yunus:61)

Kekuasaan dan keagungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala sangat sempurna. Dengan kesempurnaan itu, maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala mendengar segala suara yang disamarkan dan dibisikkan; mendengar rasa syukur dan keluh kesah; hingga akhirnya menolak bahaya dan musibah. Allah Subhanahu Wa Ta’ala lah yang melimpahkan kepada makhluk-Nya nikmat-nikmat yang amat banyak.

Baca Juga  Sukmawati Minta Maaf, Kyai Didin Hafidhuddin: Harus Diproses dan Diadili Sesuai Hukum

Penghayatan kita terhadap nama ini akan membuat kita merasa malu kepada Allah Subhanahu wa ta’ala  dengan  sebenar-benarnya. Kita mearasa selalu diawasi Allah Subhanahu Wa Ta’ala disetiap tempat dan waktu. Maka dengan itu, kita tidak akan berbuat maksiat. Syiar kita setiap saaat adalah “Allah Subhanahu Wa Ta’ala melihat dan mengawasiku, bagaimana mungkin aku mendurhakai-Nya.”

Posted in Aqidah, Artikel and tagged , , , .

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan