Asmaul Husna; Al-Fattah (Maha Pembuka Rahmat)

Asmaul Husna Al-Fattah (Maha Pembuka Rahmat)

 Al-Fattah berasal dari kata al-fathu, yang berarti menghakimi. Oleh Karena itu, Al-fattah berarti yang menghakimi, Karena Allah subhanahu wa ta’ala adalah yang menghakimi di antara makhluk-makhluk-Nya. Dialah yang memisahkan antara yang benar dan yang salah. Halal dan haram Allah subhanahu wa ta’ala jelaskan, sehingga yang benar bisa dimenangkan, dan yang salah bisa dikalahkan.

Al-Fattah juga berarti yang membuka pintu rezeki dan rahmat untuk hamba-hamba-Nya. Karena Allah subhanahu wa ta’ala juga mempermudah jalan-jalan yang sulit, baik dalam urusan dunia maupun akhirat.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

قُلْ يَجْمَعُ بَيْنَنَا رَبُّنَا ثُمَّ يَفْتَحُ بَيْنَنَا بِالْحَقِّ وَهُوَ الْفَتَّاحُ الْعَلِيمُ

Katakanlah: “Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar. Dan Dia-lah Maha Pemberi keputusan lagi Maha Mengetahui” (saba’ : 26)

مَا يَفْتَحِ اللَّهُ لِلنَّاسِ مِنْ رَحْمَةٍ فَلَا مُمْسِكَ لَهَا

Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, maka tidak ada seorang pun yang dapat menahannya,”( Fathir: 2)

Mengingat bahwa pintu kebaikan kadang dibuka oleh manusia pilihan Allah subhanahu wa ta’ala, maka untuk membedakan mereka dengan Allah subhanahu wa ta’ala banyak ayat yang menyebutkan bahwa Allah subhanahu wa ta’ala adalah pembuka rahmat yang paling baik. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

Baca Juga  Cinta dan Makna Kerinduan

 وَسِعَ رَبُّنَا كُلَّ شَيْءٍ عِلْمًا ۚ عَلَى اللَّهِ تَوَكَّلْنَا ۚ رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَأَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِينَ

“Pengetahuan Tuhan kami meliputi segala sesuatu. Kepada Allah sajalah kami bertawakkal. Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil) dan Engkaulah Pemberi keputusan yang sebaik-baiknya,”( Al-A’raf: 89).

(Syarh Singkat Asmaul Husna, hlm. 50-51). [sym/wahdahjakarta.com].

Posted in Aqidah, Artikel and tagged , , , .

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan