Asmaul Husna: Al-Ghaffar (Yang Maha Pengampun)

Al-Ghaffar (maha pengampun) artinya Allah subhanahu wa ta’ala sangat senang dalam menutupi dosa hamba-Nya, dan mengabaikan kesalahan-kesalahan hamba-Nya.

Al-Ghaffar berasal dari al-ghafru, yang berani menutupi. Nama Allah subhanahu wa ta’ala Al-Ghaffar menunjukkan bahwa Allah subhanahu wa ta’ala menutupi dosa-dosa hamba-Nya, dan tidak menampakkannya. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

أَلَا هُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْغَفَّٰرُ

Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. ” (Qs. Az-Zumar: 5)

رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا الْعَزِيزُ الْغَفَّارُ

Tuhan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun” (Qs. Shad: 66)

Dalam sebuah hadits Qudsi, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, “Pada hari kiamat, seorang mukmin akan didekatkan kepada Allah swt., kemudian dia diberitahu akan dosa-dosanya. Allah subhanahu wa ta’ala bertanya kepadanya, “Apakah engkau tahu dosa ini?” Sang mukmin menjawab, “Benar, wahai Tuhanku Aku mengetahuinya. ” Kemudian Allah subhanahu wa ta’ala berkata kepadanya, “Sesungguhnya Aku telah menutupinya di dunia, karena itu Aku pun akan menutupinya sekarang ini.” Maka setelah itu, sang mukmin memperoleh buku kebaikan.”

Dalam hadits Qudsi yang lain, juga disebutkan firman Allah subhanahu wa ta’ala ;
Wahai hamba-hambaKu, kalian berbuat kesalahan siang-malam, tapi Aku akan mengampuni semua dosa kalian. Maka mintalah ampunan kepada-Ku, niscaya akan Aku ampuni. ”

Baca Juga  Asmaul Husna [25,26]: Al-Mu’idz dan Al-Mudzil (Yang Maha Memuliakan dan Maha Menghinakan)

Dapat disimpulkan bahwa pelajaran yang bisa diambil dari menghayati nama Allah subhanahu wa ta’ala Al’Ghaffar ini adalah agar kita banyak beristighfar, memohon ampun kepada Allah subhanahu wa ta’ala. [sym].

1000 Quran untuk Palu dan Indonesia
Posted in Aqidah, Artikel, Asmaul Husna and tagged , , , , .

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.