Asmaul Husna; Al-Qahhar (Yang Maha Memaksa)

ASmaul Husana; Al-Qahhar (yang maha Memaksa)

Asmaul Husna; Al-Qahhar (Yang Maha Memaksa)

Al- Qahhar artinya Allah subhanahu wa ta’ala   memiliki kekuasaan penuh dalam mengungguli dan memaksa orang-orang yang kuat dan berkuasa.
Sesuai nama ini, berarti segala hal yang diinginkan Allah subhanahu wa ta’ala. pada diri makhluk-Nya pasti akan terjadi. Baik mereka mau atau tidak, senang atau benci. Karena segala sesuatu yang ada, baik makhluk hidup atau mati semuanya berada di bawah kendali Allah subhanahu wa ta’ala.

Kendali Allah subhanahu wa ta’ala kepada hamba-Nya bermacammacam bentuknya. Hal itu karena tidak terbatasnya kekuasaan, kebijaksanaan, dan ilmu Allah swt. Bisa saja berbentuk membuat diri lemah, sakit, bahkan mati. Allah  subhanahu wa ta’ala berfirman,

هُوَ اللَّهُ الْوَاحِدُ الْقَهَّارُ

Dia-lah Allah Yang Maha Esa lagi Maha Mengalahkan ” (Qs. Az-Zumar: 4)

قُلْ إِنَّمَا أَنَا مُنْذِرٌ ۖ وَمَا مِنْ إِلَٰهٍ إِلَّا اللَّهُ الْوَاحِدُ الْقَهَّارُ

Katakanlah (ya Muhammad): “Sesungguhnya aku. hanya seorang pemberi peringatan, dan sekali-kali tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah Yang Maha Esa dan Maha Mengalahkan.” (Qs. Shad: 65)

Dengan memahami dan menghayati nama Al-Qahhar, kita terdorong untuk selalu memaksa dan menguasai jiwa kita, sehingga jiwa kita tidak jahat dan melampaui batas-batas agama. Hal ini merupakan awal perjalanan menuju keselamatan kita dari marabahaya. [sym].

Posted in Aqidah, Artikel and tagged , , , .

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.