Asmaul Husna; Ar-Razaq (Maha Pemberi Rezeki)

 

 

إِنَّ اللَّهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ

“Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezeki Yang Mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh.” (Qs. Az-Zariyat:58)

وَمَا مِن دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُّبِينٍ

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainlah Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tampat penyimpanannya. Semua tertulis dalam kitab yang nyata.” (Qs. Hud:6)

Setiap mkahluk yang ada di atas bumi telah Allah subhanahu wa ta’ala tentukan rezekinya. Rezeki itu akan datang kepadanya kapan dan dengan cara yang dikehendaki Allah subhanahu wa ta’ala.

Rezeki itu ada dua macam. Pertama adalah rezeki unik anggota tubuh, seperti, makanan, minuman, dan pakaian. Dan kedua adalah rezeki untuk ruh, seperti ilmu pengetahuan dan ilham dari Allah subhanau wa ta’ala.

Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Malaikat Jibril pernah menyampaikan kepadaku bahwa seorang manusia tidak akan mati sampai dia benar-benar mendapatkan semua rezekinya. Maka bertakwalah kepada Allah subhanahu wa ta’ala dan perbaikilah caramu dalam mencari rezeki. Ambilah sesuatu yang halal, dan tinggalkanlah sesuatu yang haram. Jangan sampai karena rezeki lambat datang, akhirnya engkau mencarinya dengan sebuah kemaksiatan, karena sesungguhnya semua ada di sisi Allah subhanau wa ta’ala hanya bisa didapatkan dengan sebuah ketaatan.”. (Syarh Singkat Asmaul Husna, hlm. 48-49). [sym].

Posted in Aqidah, Artikel and tagged , , , .

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.