Mendengar Adzan

Bacaan Khusus Ketika Mendengar Adzan

Adakah Bacaan Khusus Ketika Mendengar Adan Setelah Muazin Membaca “Asyhadu anna Muhammadan Rasulullah” ?

Bismillah. Ustadz, apa yang harus kita jawab ketika adzan pas “Asyhadu anna muhammadan rasuulullaah”?. Karena sepengetahuan saya ada 3 syarat doa terkabul dan salah satunya, menjawab lafaz “Asyhadu anna muhammadan rasuulullaah”. Syukron.

Hilya –Makassar.

Jawaban:

Allaahu a’lam dengan bacaan yang Anda maksudkan, namun sebagian ulama menyebutkan sunatnya membaca bacaan khusus tatkala muazin usai membaca lafal azan “Asyhadu an laa ilaaha illallaah”, dan “Asyhadu anna muhammadan Rasulullaah”, sebagaimana yang disebutkan dalam HR Muslim (386) dari Sa’ad bin Abi Waqqash radhiyallahu’anhu bahwa Nabi shallallahu’alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang mengucapkan bacaan -tatkala mendengar muazin-:

أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأن محمدا عبده ورسوله رضيت بالله ربا وبمحمد رسولا وبالإسلام دينا

(Asyhadu an laa ilaaha illallaah wahdahu laa syariika lahu, wa anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu, radhiitu billaahi rabban, wa bi muhammdin rasuulan, wa bil-islaami diina); maka dosa-dosanya akan terampuni”.

Para ulama tersebut menyatakan bahwa bacaan ini dibaca tatkala muazin usai mengumandangkan dua kalimat syahadat, tepat setelah lafaz “Asyhadu anna muhammadan Rasulullaah”. (Lihat: : Al-Majmu’ –Imam Nawawi; 2/87-88 , Syarh al-Mumti’- Ibnul-‘Utsaimin: 2/86, Liqa’ al-Baab al-Maftuuh –Ibnul-‘Utsaimin: liqa’ 156/26, dan Al-Masaail al-Muhimmah fil-Adzaan wal-Iqaamah- al-Tharifi; 108).

Namun ulama yang lain juga menyebutkan bahwa bacaan ini hendaknya dibaca setelah muazin selesai mengumandangkan azan secara keseluruhan, yakni dibaca beserta doa setelah azan yang biasa dibaca setelah muazin mengucapkan lafal azan terakhir “Laa ilaaha illallaah”. (lihat: Tuhfatul-Ahwadzi: 1/529).

Baca Juga  Bolehkah Dua atau Lebih Sholat Jamaah dalam Satu Masjid ?

Kesimpulannya: Inilah salah satu doa yang diucapkan saat azan. Kapan seseorang membacanya tatkala azan baik ketika muazin usai membaca dua kalimat syahadat atau setelah selesai mengumandangkan azan, maka semua tetap disunahkan, insya Allah.

Adapun pernyataan bahwa bacaan tersebut merupakan salah satu dari 3 syarat terkabulnya doa, maka tidak benar, karena tidak adanya dalil yang menunjukkan hal tersebut. Hanya saja  siapa yang mengamalkannya tentu telah menambah ketaatan dan ibadah kepada Allah. Harap dicatat yang bisa menjadi salah satu penguat untuk mustajabnya doa bukan syarat mustajabnya. Wallaahu a’lam.

✍ Dijawab Oleh Ustadz Maulana La Eda Lc

(Alumni Fakultas Hadits Universitas Islam Madinah, saat ini menempuh S2 di fakultas yg sama)

➡ Sumber 👉 http://wahdah.or.id/adakah-bacaan-khusus-setelah-muazin-membaca-asyhadu-anna-muhammadan-rasulullah/

Posted in Artikel, Konsultasi and tagged , , .