Bebas Bersyarat, Jonru Ginting Tulis Buku Pengalaman Selama di Rutan

Jonru Ginting (kiri berpeci) bersama salah satu penguasa hukumnya di Balai Pemasyarakatan Jakarta Utara

(Jakarta) wahdahjakarta.com-– Jon Riah Ukur atau Jonru Ginting resmi bebas dari tahanan pada Jumat (23/11/2018) pekan lalu. Ia bebas karena telah menjalani dua pertiga masa hukumannya dan bebas bersyarat.

Bagaimana perasaan aktivis sosmed ini setelah menghirup udara bebas? Dihubungi melalui telepon selulernya, Kamis (29/11/2018) Jonru mengatakan yang paling utama dalam episode kehidupannya di penjara adalah dukungan keluarga.

“Bagi setiap narapidana, dukungan keluarga adalah hal yang paling mereka butuhkan. Sebab setiap napi dalam keadaan tak berdaya. Tanpa dukungan keluarga, hidup mereka di dalam penjara akan sangat susah,” katanya.

Jonru bersyukur memiliki keluarga yang memberikan dukungan penuh terhadapnya.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur karena dukungan keluarga terhadap saya selama di rutan sangatlah besar,” imbuhnya.

Selain dukungan penuh keluarga, Jonru mengatakan pada lapis berikutnya adalah dukungan tim kuasa hukum. Ia sangat berterima kasih didampingi oleh tim kuasa hukum yang sangat membantunya. “ Selain keluarga, dukungan tim lawyer pun sangat membantu hampir semua urusan saya.”

Kemudian Jonru menunjukan salah satu foto saat pertama kali keluar dari penjara. “Ini foto waktu saya singgah di kantor Balai Pemasyarakatan Jakarta Timur Utara sebelum pulang ke rumah. Ini bareng Pak Burhan, salah satu lawyer saya.”

Karena dua hal ini, setelah bebas dari penjara, Jonru bertekad untuk membalas budi terhadap keluarga dan tim kuasa hukumnya. “Saya turuti nasehat mereka. Saya tidak ingin perjuangan mereka selama ini menjadi sia-sia akibat saya berbuat ceroboh,” jelasnya.

Ditanyakan apa aktivitasnya saat ini, Jonru mengatakan sedang lebih banyak membaca buku dan melanjutkan aktivitas menulisnya.

“Saya sedang menulis buku pengalaman saya selama di rutan,” pungkasnya.

Posted in Berita and tagged , , .

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.