berdoa

Berdoalah ! Lalu Serahkan Hasilnya Kepada-Nya

Berdoalah ! Lalu Serahkan Hasilnya Kepada-Nya

Saudaraku,
Jika engau tertimpa cobaan yang sangat sulit bagimu melepaskan diri darinya, maka tidak ada jalan keluar untukmu kecuali ‘DOA’ dan kembali kepada Allah setelah engkau mendahuluinya dengan taubat atas dosa-dosamu. Karena ketergelinciran (ke dalam dosa) mengakibatkan siksa. Jika ketergelinciran tersebut telah hilang dengan taubat atas dosa-dosa itu, maka hilang pula sebab turunya siksa dan cobaan itu.

Jika engkau sudah berdoa namun engkau merasa belum ada tanda-tanda doa’mu dikabulkan maka renungilah dirimu! Mungkin taubatmu tidak benar. Benahi dan benarkanlah taubatmu terlebih dahulu kemudian berdoalah lagi.
Ingat! jangan sekali-kali bosan berdoa, meskipun tanda-tanda pengabulan belum terasa. Boleh jadi, kemaslahatan terdapat dalam pengunduran pengabulan doamu, atau bahkan kemaslatan terdapat di dalam ketidak terkabulkannya doamu. Namun demikiaan, ketahuilah bahwa engkau tetap mendapatkan pahala dari doa’mu tersebut. Engkau diberi oleh-Nya apa yang bermanfaat untukmu. Diantara manfaat tersebut adalah engkau tidak diberi apa yang engkau minta tetapi digantikan dengan yang lain yang menurut-Nya lebih maslahat bagimu.

Jika Iblis mendatangimu lalu mengatakan kepadamu; sudah berapa sering engkau berdoa’ tetapi engkau belum melihat hasil pengabulan doa’mu? maka katakanlah ‘Aku bertaa’bbud (beribadah) dengan berdoa. Sebab, doa bukan sekedar mengajukan permintaan dan permohonan kepada Allah. Lebih dari itu, ia merupakan ibadah yang diperintahkan oleh Allah kepada setiap hamba-Nya. Tatkala Dia menyuruh hamba-Nya untuk meminta Dia sertai dengan janji pengabulan terhadap doa’ itu. Simak dan renungi ayat berikut ini:
وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ ﴿٦٠﴾
“Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah (berdoa kepada-Ku)akan masuk neraka Jahannam dalam Keadaan hina dina“.(QS Al Mukmin: 60).

Baca Juga  Dahsyatnya Bismillah

Subhanallaah. Dia menyuruh berdoa lalu disusul dengan janji pengabulan dan ditutup dengan ancaman bagi yang enggan berdoa’.

Berdoalah ! dan yakinlah doamu akan dikabulkan

Saudaraku ,
Ketika engkau berdoa, sertailah dengan keyakinan bahwa doa’amu pasti dikabulkan. Namun boleh jadi pengabulannya ditunda hingga waktu yang telah ditentukan-Nya. Boleh jadi pen-ta’khir-annya mengandung beberapa maslahat, sehingga pengabulan doa itu akan datang pada saat yang tepat. Andaipun tidak dikabulkan, maka anda telah merealisasikan taa’bbud dan tadzallul kepada-Nya. Anda telah menunaikan perintah-Nya dalam ayat di atas.

Sekali lagi, ketahuilah ! doamu pasti dikabulkan selama engkau memenuhi syaratnya.Dia akan mengabulkan doamu sesuai janji-Nya dengan salah satu dari tiga kemungkinan sebagimana diinformasikan oleh Nabi-Nya:
Oleh sebab itu, janganlah engkau meminta sesuatu kepada-Nya melainkan engkau sertai dengan permintaan pilihan (mohon kepada Allah dipilihkan yang terbaik).Berapa banyak permintaan berupa dunia jika dikabulkan justru mendatangkan kehancuran bagi pemintanya.
Sebelum mengakhiri coretan singkat ini ,saya menerima taushiyah via SMS melalui salah seorang ikhwah –jazahullaahu khairan– yang bunyinya :
“Kita minta kepada Allah setangkai bunga segar, tapi Allah beri kita kaktus berduri. Kita minta kupu-kupu tapi Allah beri kita ulat berbulu. Kita sedih dan kecewa. Namun kemudian kaktus itu berbunga sangat indah dan ulat itu menjadi kupu-kupu yang cantik. Itulah jalan-Nya, indah pada waktunya. Allah tidak memberi apa yang kita harapkan, tapi Allah beri apa yang kitah butuhkan. Kadang kita sedih, kecewa dan terluka. Tapi diatas segalanya, Allah telah menyiapkan yang terbaik bagi kita”.
Sekali lagi berdoalah !!selanjutnya serahkan hasilnya kepada-Nya. [sym].
Bekasi 30 /01/1432 H
(Bahan bacaan: Shaidul Khaathir Ibnul Jauziy).

Posted in Artikel, Tazkiyah and tagged , , , .

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.