Celakalah Budak Dunia

Celakalah Budak Dunia

Celakalah Budak Dunia

Celakalah Budak Dunia

Abu Hurairah radhiyallahu ‘Anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda;

تعس عبد الدينار والدرهم والقطيفة ، إن أُعطي رضي وإن لم يُعطَ لم يرضَ

“Celakalah pemburu Dinar, dirham, dan Qothifah,  Jika  diberi maka dia ridha,  jika tidak diberi maka ia tidak ridha” (HR. Bukhari).

Pelajaran  Hadits:

  1. Tidak sepantasnya seorang Muslim menjadikan dunia sebagai obsesi terbesarnya dan cita-cita tertingginya serta puncak tujuan dari ilmunya. Tetapi hendaknya dia menjadikan seluruh amalannya dalam rangka mengharap wajah Allah serta kebahagiaan dan keselamatan di negeri akhirat. Sehingga  dengan demikian seluruh aktivitasnya siang  dan malamnya bernilai ibadah di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sebab tidak mengapa seseorang mencari dunia dengan tujuan ibadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, yakni melakukan hal itu demi mengharap wajah Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Yang  tercela adalah jika upaya mencari dunia atau kesibukan mencari dunia menjauhkan dari Allah subhanahu wa ta’ala dan menyibukkan serta memalingkan dari melaksanakan kewajiban ibadah kepadanya.
  2. Orang  beriman yang sempurna imannya jika diberi dia bersyukur, jika tidak memperoleh apa-apa maka dia bersabar. Dia  senantiasa ridha terhadap Qadha dan takdir Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Tahfidz Weekend
Baca Juga  Kurma dalam Tinjauan Sunnah
Posted in Artikel, Hadits and tagged , .

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.