DPW DKI Jakarta dan Depok

Indahnya Dakwah

50
Halaqah Tarbiyah. Foto: M.Ode Wahyu

Jika orang-orang tahu betapa indahnya dakwah di daerah yang masyarakat kurang memahami agama ini, niscaya mereka akan meninggalkan sofa rumahnya yang empuk dan beralih pada dakwah yang indah ini.

Banyak orang yang pandai menyemangati orang lain untuk berdakwah, tapi mereka sendiri tidak ingin jauh dari area nyamannya. Mereka tidak ingin jauh dari keluarga, anak istri dan lebih memilih tempat yang orang-orang sudah banyak mengenal agama. Orang-orang seperti ini jika diminta ke daerah yang tak ada keluarga mereka disana, maka beban 5 ton serasa sedang menindih pundak mereka.

Adapun orang-orang yang benar-bsnar yakin akan janji Allah, mereka akan pergi demi meninggikan kalimat Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Walau awalnya memang terasa berat, mereka penuhi perintah Rabbnya:

انفِرُوا خِفَافًا وَثِقَالًا وَجَاهِدُوا بِأَمْوَالِكُمْ وَأَنفُسِكُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

“Berangkatlah kamu baik dalam keadaan merasa ringan maupun berat, dan berjihadlah kamu dengan harta dan dirimu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui”. (QS. At-Taubah: 41)

Semoga Allah menguatkan seluruh teman-teman yang sedang berdakwah di jalan Allah di daerah manapun. Semoga Allah memudahkan seluruh urusan kalian.

Jangan merasa iri dengan orang-orang yang bertitel yang selalu tampil dipodium, karena sebagian dari mereka merasa takut untuk berjuang sepertimu.

Engkaulah manusia pilihan. Allah ‘azza wajalla berfirman:

وَجَاهِدُوا فِي اللَّهِ حَقَّ جِهَادِهِ ۚ هُوَ اجْتَبَاكُمْ وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَجٍ

Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan”. (QS. Al-Hajj: 78)

Ingat, dakwah itu adalah bagian dari jihad. Hal ini berdasarkan firman Allah ‘azza wajalla:

وَجَاهِدْهُم بِهِ جِهَادًا كَبِيرًا

Dan berjihadlah terhadap mereka dengan Al Quran dengan jihad yang besar“. (QS. Al-Furqan: 52).

Jihad besar yang dimaksud dalam ayat dia atas adalah berjihad dengan Al-Qur’an, yakni mendakwahkan dan mengajarkan Al-Qur’an.

Keep istiqamah.
Abu Ukkasyah Wahyu al-Munawy

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: