Ingat ya, Besok Puasa ‘Asyura

Puasa Asyura adalah puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 10 Muharram. Tahun ini 10 Muharram 1440 H jatuh pada hari Kamis bertepatan dengan 20 September 2018.

Puasa Asyura adalah puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 10 Muharram. Tahun ini 10 Muharram 1440 H jatuh pada hari Kamis bertepatan dengan 20 September 2018.

Puasa ‘Asyura memiliki beberapa fadhilah (keutamaan) Diantaranya, “Menghapuskan dosa selama setahun”, sebagaimana dikabarkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sabdanya;

Puasa ‘Asyura juga merupakan puasa Sunnah yang sangat diperhatikan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.   Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma mengabarkan bahwa ;  “Aku tidak pernah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam benar-benar perhatian untuk berpuasa pada suatu hari yang beliau utamakan dari hari lain melebihi puasa ‘Asyura ini dan bulan Ramadhan”. (HR. Bukhari).

 

Sempurnakan Puasa ‘Asyura dengan Puasa Tasu’a

Dianjurkan  melaksanakan puasa ‘Asyura dengan berpuasa tasu’a atau sehari sebelumnya, yakni pada tanggal 9 Muharram. Puasa Tasu’a dianjurkan oleh Nabi untuk menyelisihi orang-orang Yahudi yang juga berpuasa pada hari ‘Asyura.  Sebagaimana diceritakan oleh Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma;

“Ketika Nabi puasa A’syura dan beliau memerintahkan para sahabatnya untuk berpuasa, mereka berkata: “Wahai Rasulullah, hari Asyura adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nasrani!! Maka Rasulullah berkata: “Kalau begitu, tahun depan Insya Allah kita puasa bersama tanggal sembelilannya juga”. Ibnu Abbas berkata: “Belum sampai tahun depan, beliau sudah wafat terlebih dahulu”. (HR. Muslim).

Riwayat  Ibnu Abbas inilah yang menjadi dasar hukum anjuran menyempurnakan puasa ‘Asyura dengan puasa Tasu’a atau sehari sebelumnya.

Ingat ya, Tasu’a tahun ini (1440 H) bertepatan dengan hari Rabu, 19 September 2018. Sedangkan ‘Asyura 1440 H hari Kamis 20 September 2018.

Jadi Rabu Puasa Tasu’a, Kamis Puasa ‘Asyura.

 [sym].

 

Baca Juga  Lepas 307 Dai , Ustadz Zaitun: Kita Bangun Negeri Ini dengan Dakwah

 

1000 Quran untuk Palu dan Indonesia
Posted in Artikel, Tazkiyah and tagged , , , .

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.