Kaji Konsep Pendidikan Al-Qur’an Ulama Bugis,  Ustadz Zaitun Raih Gelar Doktor

Suasana ujian terbuka sidang promosi doktor Ustadz Zaitun Rasmin di kampus UIKA Bogor, Jum’at (16/08/2019)

(Bogor) Wahdahjakarta.com -, Ketua Umum Wahdah Islamiyah, Ustadz Muhammad Zaitun Rasmin meraih gelar doktor dalam bidang Pendidikan Agama Islam di Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor. Gelar doktor pendidikan Islam diraih Ustadz Zaitun setelah berhasil mempertahankan disertasi beliau dalam sidang terbuka promosi doktor yang digelar pada  Jum’at (16/08/2019) sore.

UZR, sapaan akrab ustadz Zaitun menulis disertasi dengan mengkaji konsep pendidikan tahfizh Al-Qur’an ulama Bugis, KH. Lanre Said dengan judul disertasi, “Mafhum Tarbiyah Tahfizhil Qur’an ‘inda Alim Bugisi Lanre Said.

Disertasi yang ditulis dalam bahasa Arab tersebut dibimbing oleh tiga pakar pendidikan UIKA Bogor, yakni Prof. Dr. Didin Hafidhuddin, MS, (co promotor), Adian Husaini, Ph.D (promotor), dan Dr. Endin Mujahidin, M.Si (promotor).

Ustadz Zaitun (tengah) bersama para penguji dan promotor usai ujian terbuka sidang promosi doktor.

“Ini (bahasa Arab) luar biasa dari disertasi ini”, ujar seorang hadirin yang turut menyaksikan sidang terbuka promosi doktor Ustadz Zaitun. Yang luar biasa juga, UZR menjalani kuliah S3 dan penulisan disertasi disela-sela kesibukan beliau sebagai pimpinan gerakan da’wah Wahdah Islamiyah dan amanah dakwah lainnya. Bahkan proses penyusunan disertasi sempat tertunda karena agenda keumatan yang harus beliau dahulukan.

“Sungguh pencapaian ini bukan sebatas selesainya program belajar seorang mahasiswa Pasca Sarjana, namun pencapaian ini adalah balut-balut keberkahan yang energinya biiznillah akan terurai pada langkah perjuangan yang lebih tertata, pada semangat yang kembali dan terus menyala, pada ukhuwah yang semakin kuat terjaga”, ujar ketua Dewan Syuro DPP WI Ustadz Muhammad Ikhwan Jalil.

Gurutta Lanre Said termasuk sosok yang mula-mula membuka pesantren khusus penghafal Al-Qur’an (tafizhul qur’an) di Kajuara Tujutuju Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. []

 

Posted in Berita and tagged , , .

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.