Kesalahan-Kesalahan Suami [3]: Curiga Terhadap Istri

 

Kesalahan-Kesalahan Suami [3]: Curiga Terhadap Istri

Cemburu buta bisa berujung celaka.  Buruk  sangka bisa berakhir petaka. Waspadalah!

Ada  juga suami yang bertabiat goyah. Jiwanya mudah tegang lagi gelisah. Ia  sering ragu-ragu, suka buruk sangka, dan menduga buruk segala sesuatu.

Seringkali ia berburuk sangka terhadap istrinya soal uang belanja. Kadang  pula ia menuduhnya telah mencuri uangnya.  Saat  ia menghitung uangnya,  suatu hari, dan menemukan kekurangan segera saja ia memfitnah istrinya tanpa bukti. Perselisihan  muncul dan terus meruncing. Lalu  di kemudian hari, suami pun teringat bahwa ia telah membeli sesuatu dengan uang yang  sebelumnya ia kira hilang. Bisa  juga, ternyata uang itu dia pakai untuk bayar hutang, memberi pinjaman kepada seseorang, menghadiahkannya pada anaknya atau menemukannya di suatu tempat.

Kadang pula prasangka buruk berpuncak secara keji. Sang suami mencederai  hormatan istrinya dengan menuduhnya selingkuh. Dalihnya, ia  melihatnya berselingkuh di suatu jalan atau dari balik jendela. Tanpa  bukti ia menuduh istrinya dengan sesuatu yang menodai kehormatan dan harga diri nya. Padaha l istrinya sama sekali terpelihara dari semua tuduhan keji.

Di  lain sisi sang suami terlalu sering menelepon ke rumah setiap kali bepergian. Tujuannya untuk mengecek keberadaan istri yang di rumah, demi agar hatinya tentram dan bebas dari purbasangka. dan ketika telepon sibuk ia lantas curiga.

Baca Juga  Kesalahan-Kesalahan Suami  (2):  Membiarkan Hubungan Antara Istri dan Mertua Jadi Renggang

Ada  juga suami yang rela meninggalkan pekerjaannya di waktu kerja, atau di saat luang  untuk mengawasi rumahnya. Hanya  untuk memastikan apakah istrinya tidak melakukan sesuatu yang haram.

Lalu ada pula suami yang biasa mengawasi telepon secara detail dan merekam semua pembicaraan. Ia begitu curiga istrinya selingkuh. Dengan  cara lain ia  menelepon rumah dan mengubah suaranya. Tujuannya,  hanya untuk mengetahui apakah Istri tetap melanjutkan pembicaraan bersama orang yang tidak ia kenal. Bahkan  untuk keperluan ini sang suami tak segan menyuruh seseorang melakukannya.

Ketika  mendengar suara mobil dia terperanjat kaget. Ia  menduga istrinya telah melakukan temu janji dengan pria lain. Ketika istrinya kurang perhatian atau mengabaikannya di suatu waktu ia segera menuduh istrinya berselingkuh dengan pria lain.

Ketika  ia ingin menggauli istrinya terbesit curiga apakah istri betul-betul hamil darinya? tak segan bahkan menuduhnya hamil dari orang lain.

Semua  itu kecemburuan yang tak beralasan dan berlebihan. Sebuah  bisikan setan pada jiwa yang bodoh, agar cemburu melebihi apa yang diperintahkan Allah. Begitu  banyak pembunuhan, perceraian, dan penganiayaan terjadi akibat buruk sangka yang tak terbukti.

Suami  yang Budiman

Jangan pernah ikuti prasangka. Jangan  luangkan hati anda untuk perasaan was-was seperti ini. Berbaik  sangkalah terhadap istrimu yang ada nikahi dengan penuh kesadaran dan pilihanmu. Sadarlah, jika Wanita ingin berhianat dia pasti akan menempuh caranya. Selama  tak nampak padamu bukti-bukti yang tak terbantahkan, Jangan hiraukan dugaan dan bayangan yang melintas dalam hatimu.

Baca Juga   Sudah Talak Tiga, Pengen Rujuk, Bagaimana Caranya?

Sebaiknya  jika anda mendengar mendengar apa yang mengusik hati tentang dirinya, jangan cepat-cepat  ambil keputusan. Cek  kebenarannya dan bersabarlah! Bisa saja informasi itu berasal dari pihak yang ingin menghancurkan ketentraman rumah tangga anda.

Berbaik sangka pada istri bukan berarti menghilangkan kecemburuan dan membiarkannya berbuat semaunya. Yang  diminta, seperti akan dijelaskan nanti, seorang suami harus bersikap lurus dalam cemburunya. Ia  harus mewaspadai hal-hal yang bisa berakibat buruk. Ia  tidak boleh berlebihan dalam buruk sangka, apalagi sengaja mencari-cari kesalahan. Mencari-cari kesalahan dan cemburu berlebihan tidak diterima oleh agama maupun akal sehat. [sym].

Sumber: Min Akhthail Azwaj, Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd.

1000 Quran untuk Palu dan Indonesia

Posted in Keluarga and tagged , , .

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.