Keutamaan Bulan Ramadhan [4]: Lailatul Qadr yang Lebih Baik dari 1000 Bulan

Wahdahjakarta.com| Ketika menyampaikan kabar gembira akan kedatangan Ramadhan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan beberapa keutamaan bulan Ramadhan. Diantaranya, pada bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam tersebut dikenal dengan sebutan Lailatul Qadr (malam kemuliaan). Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

أَتَاكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ ، شَهْرٌ مُبَارَكٌ فَرَضَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ ، …… ، لِلَّهِ فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ ”

Ramadhan telah mendatangi kalian. Bulan yang penuh berkah. Allah memfardhukan kepada kalian berpuasa pada bulan ini. …… Pada bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Sesiapa yang tidak memperoleh kebaikannya, maka terhalangi dari kebaikan”. (Terj. HHR. Nasai).

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ [٩٧:٣]تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ [٩٧:٤]سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ[٩٧:٥

Lailatul Qadr (malam kemuliaan) itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. (QS. Al Qadr: 2-5)

Para ulama telah menghitung bahwa seribu bulan kurang lebih 83 tahun. Dalam kitab Al-Muwatho karya Imam Malik ada satu riwayat dengan Sanad mursal, bahwa diperlihatkan kepada Rasulullah umur manusia sebelum beliau. Maka seakan-akan beliau merasa umur umatnya terlalu pendek tidak sampai menyamai amal umat yang panjang umurnya, sehingga Allah memberinya Lailatul Qadri yang lebih baik dari seribu bulan.Sungguh, ini merupakan keutamaan yang agung jika seorang hamba Allah mendapatkan malam Lailatul Qadri sehingga ini terhitung mendapatkan keutamaan 83 tahun atau lebih. (Pembahasan selanjutnya tentang lailatul qadri akan diulas pada pembahasan tersendiri insya Allah). [sym].

Tahfidz Weekend
Posted in Artikel, Kajian and tagged , , , .

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.