Khutbah Jumat Rohingya Adalah Kita

Khutbah Jumat Rohingya Adalah Kita
Oleh : Muhammad Ikhwan Jalil

Assalamu Alaikum Warahmatullahi
Wabarakatuh.

‎إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ، نَحْمَدُهُ، وَنَسْتَعِينُهُ، وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا، وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا
‎مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ
‎يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
‎يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا
‎يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا
‎أَمَّا بَعْدُ : فَإِنَّ خَيْرَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللَّهِ, وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ، وَشَرَّ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ، وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ، وَكُلُّ ضَلاَلَةٍ فِي النَّارِ.

Kaum Muslimin , A’azzakumullah

Rohingya ….
Apa itu ? Siapa mereka ? Dimana itu ? Ada apa dengannya?
Mungkin sederet pertanyaan akan muncul saat kita mendengar kata itu . Rohingya ….

Tahfidz Weekend

Kaum Muslimin , Rahimakumullah .

Ketahuilah , Rohingya adalah nama bagi etnis muslim yang berada di wilayah negara Myanmar berbatasan dengan Negara Bangladesh ..
Mereka hari ini adalah etnis yang paling menderita atas suatu penjajahan dan kezaliman luar biasa melampaui batas- batas kemanusian dan nilai keberadaban yang dilakukan oleh pemerintah dan militer Myanmar serta sebagian rakyatnya .
Mereka terusir , rumah- rumah mereka dibakar , wanita-wanita muslimah diperkosa , dibunuh dan bahkan dimutilasi hidup-hidup .
Beberapa hari lalu kita merayakan Idul Adha dengan menyembelih hewan Qurban , maka demikianlah kaum kuffar memperlakukan muslimin Rohingya dengan menyembelih mereka .
Saat kita memanggang daging Qurban kita , manusia – manusia kafir berhati Iblis di Myanmar pun memanggang hidup-hidup saudara muslim Rohingya .
Wallahul Musta’an .
Siapakah mereka para korban itu , wagai kaum muslimin? Mereka adalah saudara kita , mereka adalah sebagian dari tubuh kita , bukankah Rasulullah Shallalllahu alaihi wasallam bersabda :

‎مَثَلُ الْمُسْلِمِيْنَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ كَالْجَسَدِ الْوَاحِدِ إِذَا اِشْتَكَى مِنْهُ عَضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالْحُمَى
“Perumpamaan kaum muslimin dalam hal saling mencintai, mengasihi dan menyayangi di antara mereka adalah baikan tubuh yang satu ; apabila satu bagian merasa sakit, maka seluruh tubuh meresponnya dengan merasa demam.” (HR Muslim)

Sesungguhnya Allah telah menguji kita dengan musibah ini, apakah benar kita merasakan sakitnya sebagai umat yang hidup ?
Jika kita tidak merasa sakit akan penderitaan mereka , maka ketahuilah bahwa mungkin nurani keummatan kita telah mati atau mati suri ,,, dan apa arti hidup jika nurani telah mati .
Wallahul Musta’an

Kaum Muslimin – Afallaahu anna jamie’an ; Semoga Allah maafkan kita semua .
Semoga peristiwa ini menyadarkan kita bahwa sesungguhnya kita memiliki tanggung jawab untuk mengambil alih kendali kehidupan umat manusia , karena kika kendali dan kekuasaan berada di tangan- tangan manusia yang tidak beriman , maka yang terjadi adalah kezaliman dan keangkara murkaan.

وَالَّذينَ كَفَرُواْ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاء بَعْضٍ إِلاَّ تَفْعَلُوهُ تَكُن فِتْنَةٌ فِي الأَرْضِ وَفَسَادٌ كَبِيرٌ
Adapun orang-orang yang kafir, sebagian mereka menjadi pelindung bagi sebagian yang lain. Jika kamu (wahai kaum muslimin) tidak melaksanakan apa yang telah diperintahkan Allah itu, niscaya akan terjadi kekacauan di muka bumi dan kerusakan yang besar. (QS.Al Anfal :73)

Allah Subhanau Wata’ala mengingatkan kita ; Jika perjuangan mengeksiskan keimanan sebagai pengendali kehidupan kita abaikan , maka yang terjadi adalah bencana dan kerusakan yang besar .

Dan dunia ini sesungguhnya adalah warisan Allah dan orang-orang beriman adalah para pewarisnya , Allah bergirman

وَلَقَدْ كَتَبْنَا فِي الزَّبُورِ مِنْ بَعْدِ الذِّكْرِ أَنَّ الأرْضَ يَرِثُهَا عِبَادِيَ الصَّالِحُونَ

Dan sesungguhnya telah Kami tulis di dalam Zabur sesudah (Kami tulis dalam) Lauh Mahfuzh, bahwasanya Bumi ini diwarisi oleh hamba-hamba-Ku yang saleh. (QS. Al Anbiya’: 105)

Baca Juga  KONDISI PILU PENGUNGSI ROHINGYA Bagian Ke-2

أقول قولي هذا و أستغفر الله لي و لكم من كل ذنب إنه هو الغفور الرحيم

Khutbah Kedua :

الحمد لله على إحسانه، والشكر له على توفيقه وامتنانه، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له تعظيما لشأنه، وأشهد أن محمدا عبده ورسوله الداعي إلى رضوانه، الهادي إلى إحسانه، صلى الله عليه وعلى آله وأصحابه وأعوانه وسلم تسليما كثيرا. أما بعد:

Kaum Muslimin Rahimakumullah ,
Lalu apa yang harus kita lakukan ?

Perlukah kita mengiba-iba kepada orang- orang ponggah dan zalim serta musyrik itu ?

Imam Asy Syafi’e berkata :
‎ولا تر للأعادي قط ذلا
‎فإن شماتة الأعدا بلاء
‎ولا ترجُ السماحة ََ من بخيلٍ

Wa laa turi lil a’daai qaththu dzullan
Fainnaa syamaatatal a’daa balaaun
Wa laa tarjus samaahata min bakhilin.

Jangan kau perlihatkan kelemahan pada musuhmu

Bencana itu adalah saat mereka gembira atas penderitaanmu

Kebaikan orang kikir jangan menjadi harapanmu…

Allahu Akbar ….

Kaum Muslimin yang dimuliakan Allah ,

Yang dapat kita lakukan untuk saudara muslim Rohingya

Pertama : BERTAUBATLAH dengan sungguh-sungguh kepada Allah , karena dosalah berbagai bencana menimpa,

KeduA BERDOALAH dengan sungguh-sungguh untuk mereka, termasuk dengan Qunut Nazilah .

Bangunlah di penghujung malam,
Bersimpuhlah di batas adzan dan iqamah,
Bersungguhlah dalam sujud-sujudmu,
Pintalah dengan air mata dan jiwa:
Semoga Allah segerakan pertolonganNya
untuk saudara-saudara Muslim Rohingya di Bumi Arakan…
Semoga luka dan nestapa itu terbasuhkan
oleh bahagia dan keimanan.
Semoga para pembantai itu,
Para pendukungnya,
Para pendiamnya,
Disatukan dalam kawah adzab yang merapal lolong kesakitan mereka
hingga jauh ketujuh lapis bumi yang sepi…

Ketiga : BERSIAPLAH untuk berjihad jika ada jalan ke sana, karena inilah jalan kemulian yang telah diletakkan Allah untuk kita , kalaupun kaki dan tangan belum sampai ke sana , jangan sampai jiwapun kerdil untuk bersiap menyambut panggilan jihad.

Keempat :BERINFAQ dengan harta untuk meringankan penderitaan mereka, dan inipun termasuk bagian dari Jihad fie sabilillah.

Kelima :BERSILTURRAHIM kepada pengungsi Rohingya di tempat yang dapat anda jangkau. Jika Allah hadirkan mereka di dekat kita itu berarti berkah buat kita , sambut uluran tangan mereka yg terusir dari negerinya berpuluh tahun lamanya, jadikan rumah anda seperti rumah mereka , jadilah anshar yg baik bagi kaum muhajirin itu.

Keenam: BERBICARALAH tentang mereka dan berikan info yang benar tentang kondisi mereka termasuk di media sosial. Jangan diam seperti syethan yang bisu

Ketujuh :BERPARTISIPASI dan ikut serta dalam kegiatan dan aksi yang menyuarakan pembelaan terhadap Muslim Rohingya .

 

اللَّهُمَّ اقْسِمْ لَنَا مِنْ خَشْيَتِكَ مَا تَحُولُ بِهِ بَيْنَنَا وَبَيْنَ مَعَاصِيكَ، وَمِنْ طَاعَتِكَ مَا تُبَلِّغُنَا بِهِ جَنَّتَكَ، وَمِنَ الْيَقِينِ مَا تُهَوِّنُ بِهِ عَلَيْنَا مَصَائِبَ الدُّنْيَا، اللَّهُمَّ مَتِّعْنَا بِأَسْمَاعِنَا، وَأَبْصَارِنَا، وَقُوَّاتِنَا مَا أَحْيَيْتَنَا، وَاجْعَلْهُ الْوَارِثَ مِنَّا، وَاجْعَلْ ثَأْرَنَا عَلَى مَنْ ظَلَمَنَا، وَانْصُرْنَا عَلَى مَنْ عَادَانَا، وَلَا تَجْعَلْ مُصِيبَتَنَا فِي دِينِنَا، وَلَا تَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّنَا، وَلَا مَبْلَغَ عِلْمِنَا، وَلَا تُسَلِّطْ عَلَيْنَا مَنْ لَا يَرْحَمُنا ]) .


Khutbah Jumat Rohingya Adalah Kita

HADIRILAH !!!
Tabligh Akbar dan Penggalangan Dana
“ROHINGYA, Bagian Tubuh Kita yang Lain”
👤 Bersama:
Al Ustadz Ilham Jaya, Lc., M.HI.
(Ketua DPW Wahdah Islamiyah DKI Jakarta, Anggota Dewan Syariah Wahdah Islamiyah)
🗓 Hari : Jum’at, 8 September 2017
🕰 Waktu : Ba’da Maghrib – 20.00 WIB
🕌 Tempat : Masjid Al Hijaz, Restoran Pondok Laras Depok
Siapkan Donasi Terbaik Anda
Diselenggarakan Oleh: Wahdah Islamiyah Jakarta & Depok
🌐 wahdahjakarta.com
📡 Live streaming Facebook: Wahdah Islamiyah Jakarta

Download Buletin Jumat Al Balagh di : http://wahdahjakarta.com/download/

Posted in Akhlaq, Artikel and tagged , , , , , .

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.