Pertama Kali, Jakarta Adakan Perayaan Meriah Tahun Baru Hijriyah

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat menyapa para pengunjung Jakarta Muharram Festival 2019. Sumber : Instagram @aniesbaswedan

(JAKARTA) Wahdahjakarta.com — Pemprov DKI Jakarta adakan pesta penyambutan tahun baru hijriyah pertama kali digelar di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia pada Sabtu(31/8/2019). Acara tersebut dihadiri langsung oleh gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan dibuka oleh ceramah ustadz Maulana.

Festival diisi dengan beragam acara, pertunjukan dan penampilan, mulai dari Halal Food Festival, Beauty Jakarta Festival, Muharram Concert, Fire Dance dan Piala Gubernur Pawai Obor.

“Alhamdulillah, untuk pertama kalinya Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan perayaan malam Tahun Baru Hijriah, #JakartaMuharramFestival ditandai dengan panggung budaya dan pawai obor yang merupakan tradisi kita.” tulis Anies di Instagram pribadinya.

Anies mengungkapkan, perayaan Tahun Baru Islam kali ini merefleksikan kebaruan Pemprov DKI dalam menghadirkan kesetaraan dan keadilan bagi seluruh warga di Jakarta setelah kemarin Pemprov DKI telah melakukan serah terima kunci hunian DP 0 rupiah yang bukan sekadar pelaksanaan program, melainkan suatu bentuk kesetaraan bagi warga yang ingin memiliki hunian.

“Kita ingin Jakarta membawa kebaruan dan kesetaraan salah satunya adalah melalui acara ini di mana ribuan pedagang kecil merasakan manfaat kegiatan ini dan manfaat ekonomi ini dirasakan sampai ke bawah, karena itulah fokus Pemprov DKI.” tangkas Anies.

Shalat Isya berjamaah bersama Syaikh Ahmad Al Misry

Selain mengikuti rangkaian acara yang bernama Jakarta Muharram Festival 2019 tersebut, Anies juga melakukan salat Isya berjemaah bersama warga DKI Jakarta di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat yang diimami langsung oleh Syekh Ahmad Al Misri, guru besar dari negara Mesir.

Sekitar 4.000 peserta ada yang mengikuti pawai obor yang mulai berjalan sejak pukul 19.15 WIB. Pawai diawali dari Jalan Medan Merdeka Barat, Silang Monas, menuju ke Bundaran HI.

Para peserta obor datang dari lima wilayah kota Jakarta ditambah Kepulauan Seribu. Para peserta laki-laki mengenakan pakaian koko sedangkan perempuan kebanyakan memakai gamis. Tampak masing-masing dari mereka memegang tongkat obor. Api yang digunakan bukan api sungguhan, melainkan lampu elektrik.

Acara puncaknya, Pemprov DKI juga telah menyiapkan pertunjukan Water Screen Projection Laser di air mancur Bundaran HI dan 3D Project Mapping Building yang bakal menarik perhatian pengunjung dan pertunjukan menarik lainnya.

“Kami mohon doanya agar dimudahkan dalam mewujudkan program-program Pemprov DKI, agar selalu istiqomah untuk memajukan kota dan membahagiakan warganya. Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1441 Hijriah.” tulis Anies terakhir.(fry)

 

Posted in Artikel.

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.