Renungan Muslimah: Di Sisa 10 Hari Pertama Dzulhijah

10 hari pertama bulan dzulhijah

Renungan Muslimah: Di Sisa 10 Hari Pertama Dzulhijah

Ukhti, kita masih di sini. Di detik-detik 10 hari pertama bulan Dzulhijah. Hari-hari di mana para pendahulu kita hampir tidak mematikan lampu penerangan di malam hari. Hari-hari di mana para pendahulu kita menghindari membahas hadits dhaif demi menjaga supaya tidak terjatuh pada perkataan yang tidak disukai oleh Allah. Hari-hari yang keutamaannya mengalahkan keutamaan berjihad kecuali orang tersebut berjihad dengan seluruh harta dan jiwanya dan dia kembali tanpa membawa sesuatu pun. Masya Allah buknkah sangat menggiurkan wahai ukhti, sayang jika dilewatkan begitu saja.

Ibarat musim, hari-hari ini adalah musim tanam yang paling bagus. Musim tanam yang perlu kita optimalkan untuk menebar benih kebaikan dan amal shalih supaya kelak kita bisa memperoleh hasil panen yang memuaskan dan menggembirakan.

Meski hari-hari ini tidak terkondisikan sebagaimana 10 hari terakhir bulan Ramadhan, mari kita ingat-ingat keutamaannya. Supaya hal ini menjadi cambuk bagi kita untuk berjuang keras dan berusaha meraihnya dengan berbagai amal kebaikan. Mari bergegas. Masih ada ribuan detik yang tersisa untuk kita berkesempatan meraih keutamaannya. Mari berpacu dan berlomba. Memaksa diri untuk tunduk pada ketaatan dan mengibaskan kemalasan. Agar kelak kita tidak menyesal wahai ukhti.

Ukhti, jangan sampai datangnya masa haidmu menjadikan dirimu kendor untuk berupaya meraih keutamaan yang dijanjikan. Masih banyak amal kebaikan di luar puasa dan shalat yang bisa engkau tegakkan. Perbanyak takbir mutlak  yang bisa kita lantunkan sejak awal 1 Dzuhijah hingga nanti menjelang berakhirnya hari tasyrik. Perbanyak dzikir dan shalawat. Sisihkan harta untuk bersedekah di jalan Allah. Perbanyak doa. Sediakan makanan berbuka bagi saudara kita yang menjalankan puasa. Banyak ukhti, masih banyak celah dan jalan yang bisa kita ambil. Ayo bergegas, selagi waktu dan kesempatan berpihak pada kita. Semoga kita menjadi bagian dari orang-orang yang meraih kemenangan. (ummisanti/aha)

Tahfidz Weekend
Baca Juga  Amalan-Amalan Ini Berpahala Haji
Posted in Artikel, Muslimah, Tazkiyah and tagged , , .

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.