Sekolah Wahdah Sabet Juara Olimipade Al-Qur’an Se-Indonesia Timur

(Makassar) wahdahjakarta.com -, Empat Sekolah Wahdah Islamiyah berhasil menyabet juara dan sejumlah medali dalam ajang Olimpiade Al-Qur’an Se-Indonesia Timur yang digelar Sekolah Islam Athirah Makassar,Rabu-Kamis (6-7/02/2019).

Keempat sekolah tersebut adalah SMP Al-Qur’an Abu Bakar Ash-Shiddiq Anabanua Wajo, SDIT Abu Bakar Ash-Shidiq Pangkep, SDIT Wihdatul Ummah Makassar, dan SDIT Wahdah Islamiyah 01 Makassar.

Dilansir wahdah.or.id, dua santri Tahfidz Abu Bakar Ash-Shiddiq Wahdah Islamiyah sabet juara dalam Olimpiade Al-Qur’an Se-Indonesia Timur yang digelar Sekolah Islam Athirah Makassar. Keduanya meraih juara satu dan dua di kategori Musabaqah Hifdzil Qur’an.

Siswa SMPQu Abu Bakar Ash-Shiddiq (kiri)

“Yahya bin Ismail murid kelas 3 SMP Tahfizh Al-Qur’an Abu Bakar Ash-Shiddiq Wahdah Islamiyah Anabanua Wajo berhasil meraih juara 1 kategori 3 juz untuk usia SMP dalam Olimpiade al-Qur’an Se-Indonesia Timur. Selain itu, murid lainnya juga meraih juara 2, Muhammad Ikhsan Sulaiman dengan kategori yang sama”, lansir wahdah.or.id, Jum’at (08/02/2019).

Menurut kepala Sekolah SMP Abu Bakar As-Shiddiq, Ustadz Maisal Ali kedua muridnya tersebut memang telah menyelesaikan hafalannya al-Qur’an 30 juz.

Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Wahdah Islamiyah 01 juga menorehkan prestasi di ajang sama pada cabang lomba Hifdzil Qur’an 2 Juz dan cabang tartil tingkat SD.

Murid kelas 5, Khanza Qatrunnada Irfan berhasil meraih juara 2 Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ) kategori 2 Juz, dan Maulana Jibril Baso juara 3 Musabaqah Tartil Quran (MTQ) untuk usia SD.

Sementara SDIT Wihdatul Ummah meraih juara 3 pada cabang tartil dan hifdzil Qur’an. “Pada ajang ini, murid SDIT Wihdatul Ummah kembali meraih meraih juara 3 untuk kategori Musabaqah Tartil Qur’an atas nama A. Naurah Zayyan Putri Subhan, murid kelas 3 B1. Dan Juara 3 untuk kategori Musabaqah Hifdzil Qur’an atas nama Fadhlan Uwais, murid kelas 3A3”, ujar Slamet Sansi Hasman, ST. (Guru SDIT Wihdatul Ummah Makassar) dilansir wahdah.or.id, Jum’at (08/02/2019).

Adapun SDIT Abu Bakar Ash-Shiddiq Pangkep meraih juara 2 tingkat SD.  “Setelah mengikuti kegiatan Olimpiade Al Qur’an yang digelar selama dua hari (6-7/2) di Auditorium Sekolah Islam Athirah Makassar akhirnya ananda Alifah Ainun Rizqulah berhasil keluar sebagai juara kedua dalam Musabaqah Hifzhil Quran”, lansir Fan Page resmi Wahdah Islamiyah Pangkep, Junm’at (08/02/2019).

Olimpiade Al-Qur’an Se-Indonesia Timur yang diadakan diadakan oleh Sekolah Islam Athirah, berlangsung selama 2 hari, Rabu dan Kamis 6 – 7 Februari 2019. Kegiatan yang dilaksanakan kompleks Sekolah Islam Athirah, Jln. Kajaolalido Makassar tersebut bertajuk “Menjadi Generasi Milenial yang Cinta Alquran.”

Direktur Sekolah Islam Athirah Syamril ST. M.Pd. mengatakan lomba membaca dan menghafalkan Al-Qur’an ini digelar untuk memotivasi para peserta didik. Ia melanjutkan perlombaan ini bukan hanya menjadi ajang kompetisi tetapi ajang berkolaborasi.

Menurut Syamril ada tiga langkah dalam membangun sesuatu utamanya pendidikan, yaitu melalui pengajaran, peneladanan, dan motivasi. “Kita harap lomba ini bisa memotivasi,” kata Pak Syamril dihadapan ratusan peserta dan pendamping.

Ketua panitia Olimpiade Al-Qur’an Ahmad Fadhlullah A.Ma menyatakan, peserta terdiri dari siswa-siswi tingkat SD, SMP, dan SMA. 500 orang peserta dari Sulawesi Selatan Barat dan Tenggara. “Semoga MHQ dan MTQ ini bisa menjadi penyemangat, semakin giat belajar Al-Qur’an,” harap Ahmad.[]

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: