Urgensi Amar Ma’ruf Nahi Munkar dalam Islam [2]: Kriteria Ummat Terbaik

Ummat Terbaik /Gambar:Fadel/wahdahjakarta.com

Urgensi dan Kedudukan Amar Ma’ruf Nahi Munkar dalam Islam [2]: Kriteria Ummat Terbaik

Amar ma’ruf nahi munkar merupakan salah satu syi’ar yang sangat agung dalam Islam sekaligus bagian dari pilar-pilar Islam yang kokoh. Ia juga merupakan salah satu instrumen Masyarakat Rabbani yang diberkahi oleh Allah Ta’ala, sebagaimana ditunjukan oleh beberapa dalil Al-Qur’an dan hadits Nabi serta sejarah perjalanan hidup ummat Islam. Oleh karenia itu Amar ma’ruf nahi munkar merupakan kewajiban yang memiliki kedudukan yang sangat urgen dalam ajaran Islam.

Kriteria Ummat Terbaik
Kaum Muslimin adalah ummat yang dimuliakan oleh Allah Ta’ala. Mereka adalah ummat terbaik diantara ummat yang lain. Tetapi tidak semua kaum Muslimin menyadari, status dan predikat sebagai ummat terbaik hanya akan terwujud bila ummat ini benar-benar merealisasikan sifat ummat terbaik yang disebutkan oleh Allah di dalam al Qur’an. Dalam surah al Baqarah ayat 110 Allah Ta’ala menjelaskan;

كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ ۗ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُم ۚ مِّنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ ﴿١١٠

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik”. (QS ali Imran:110).

Baca Juga  Persiapan Penting Menyambut Bulan Ramadhan (1)

Umar bin Khathab radhiyallaahu ‘anhu berkata: “Barangsiapa yang ingin dengan senang hati menjadi bagian dari umat ini maka hendaklah dia memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh Allah padanya”.

Imam Qurthubi berkata; “Ayat ini menunjukkan sebuah pujian bagi umat ini selama mereka menegakkan perintah yang disebutkan dalam ayat tersebut dan mereka bersifat seperti itu, namun jika mereka meninggalkan usaha untuk merubah kemunkaran bahkan bersekongkol dengan kekejian tersebut maka hilanglah pujian tersebut, dan mereka akan menoreh celaan dan hal itu sebagai sebab kehancuran mereka”.

Dalam ayat di atas Allah Ta’ala menyebutkan dua sifat mulia yang melekat pada Ummat terbaik, yakni Iman kepada Allah dan Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Bahkan yang lebih menarik, Amar Ma’ruf Nahi Munkar sebagai sifat dan ciri Ummat terbaik didahulukan daripada iman kepada Allah. Hal ini tentu menunjukkan pentingnya Amar Ma’ruf Nahi Munkar dalam kehidupan ummat Islam. wallahu a’lam bis shawab. Bersambung insya Allah. [sym].

Baca Juga: Urgensi dan Kedudukan Amar Ma’ruf Nahi Munkar dalam Islam [1]: Sifat dan Karakter Orang Beriman

Posted in Artikel, Makalah, Tajuk and tagged , , .

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.