DPW DKI Jakarta dan Depok

Muslimah Wahdah Jakarta-Depok Salurkan Bantuan Korban Banjir di Kramat Jati

0 169

 

(Jakarta) Wahdahjakarta.com-, Muslimah Wahdah Islamiyah Jakarta Depok menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir Jakarta di Jln. Dato Tonggara RT 10 RW 11Kramat Jati Jakarta Timur, Senin (06/01/2020).

 

Aksi Muslimah Wahdah Peduli Banjir Jabodetabek ini bekerjasama dengan Relawan Wahdah Peduli dan TPM Al hijaz.

 

Menurut Ketua Muslimah Wahdah Wilayah Jakarta Depok Ustadzah Mujahidah,  bantuan yang disalurkan Muslimah Wahdah kali ini berupa 100 paket sembako, 20 kasur, 60 selimut,10 paket kompor, pakaian layak pakai, pakaian dalam, sabun dan lain sebagainya.

 

(BACA JUGA: Pasca Banjir Relawan Wahdah Islamiyah Bersihkan Balai Warga di Kramat Jati)

“Namun itu masih sangat kurang dibanding jumlah warga yang terdampak banjir, sehingga masih banyak warga yang belum mendapatkan bagian”, jelasnya.

 

Sebab dampak banjir di wilayah ini sangat parah dan jumlah warga terdampak juga  cukup banyak.

Menurut Ketua RT 10 Sutarjo, RT 10 RW 11 termasuk salah satu wilayah terdampak banjir yang cukup parah.

Menurut Ketua RW 11 tidak kurang dari 900an warganya mengalami kerugian yang tidak sedikit. Perabotan rumah hanyut tersapu banjir dan rusak parah akibat tergenang lumpur.

“Ada 12 RT di RW 11 yang terdampak banjir, mungkin karena posisi RW 11 yang terletak di pinggir Kali dan banjir yang datang mendadak” jelas Ketua RT 10 Sutarjo menambahkan.

 

Banjir yang datang secara mendadak menyebabkan sebagian besar warga terdampak kesulitan menyelamatkan barang-barang perabot rumah.Seperti penuturan warga terdampak.

“Semua barang hanyut dan basah, tidak ada yang dapat diselamatkan”, tutur seorang ibu rumah tangga yang rumahnya terletak di pinggir kali.

Untuk diketahui bahwa meneurut warga dan pemerintah setempat banjir awal tahun 2020  merupakan banjir terparah ketiga di Kramat Jati. Sebelumnya tahun 1976 dan 2002.

“Di bagian atas sampai ketinggian 1.3 – 1.5 meter,belum lagi bagian rumah yang sepantar dekat kali”, kata salah seorang warga.

Selain membagikan bantuan, relawan Wahdah Peduli juga membersihkan Musholla dan balai warga agar bisa digunakan untuk beribadah kembali.

Harapan dari masyarakat lanjut Mujahidah kiranya bisa mendapatkan bantuan semprot desinfektan untuk mengantisipasi penyakit pasca banjir.

 

“Karena rumah-rumah penduduk berada di gang sempit yang masih banyak sampah kerendam air sehingga tidak bersih dan tidak sehat”, terangnya.

 

Sementara beberapa titik lokasi banjir  Jabodetabek masih banyak yang belum mendapatkan bantuan.

 

Semoga para Muslimin dan muslimat dimanapun berada dapat ikut berempati dengan saudara/i kita yang tertimpa musibah.

 

#PeduliBanjirJakarta

#PeduliBanjirJabodetabek

#WahdahPeduli

#WahdahIslamiyah

<

p style=”text-align: justify;”>#Muslimahwahdahpeduli

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: