DPW DKI Jakarta dan Depok

4 Hal Yang Mendatangkan Rezki

4 hal yang mendatangkan rezki (1)
0 170

Rezki Allah untuk hamba-Nya amat luas. Dia telah menjamin rezki seluruh makhluqNya. Diantara bukti jaminan tersebut adalah berupa kemudahan sebab untuk memperoleh rezki.

Diantara amalan yang memudahkan rezki adalah Qiyamullail (Shalat Malam), memperbanyak istighfar khususnya di waktu sahur, sedekah, dan menyambung silaturrahim.

  1. Istighfar di Waktu Sahur

Beristighfar di waktu sahur merupakan salah sifat orang-orang bertakwa (Qs.3:15-17). Sementara dalam ayat lain Allah nyatakan bahwa orang bertaqwa akan dimudahkan rezkinya dari arah yang disangka-sangka.

Selain itu dalam lain (Surat Nuh ayat 10-12) secara tegas dinyatakan bahwa istighfar dapat mendatangkan rezki. Allah mengabadikan perkataan Nabi Nuh kepada kaumnya;

{فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا (10) يُرْسِلِ السَّمَاء عَلَيْكُم مِّدْرَارًا (11) وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَارًا

“Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun-, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10 – 12)

Ayat di atas mengisyaratkan bahwa istighfar merupakan sebab turunnya hujan deras, karunia harta, dan anak-anak.

“Ada orang pernah mengadukan kepada Hasan tentang musim paceklik yang terjadi. Lalu Hasan menasehatkan, “Beristigfarlah (mohon ampunlah) kepada Allah”.

Kemudian orang lain mengadu lagi kepada beliau tentang kemiskinannya. Lalu Hasan menasehatkan, “Beristigfarlah kepada Allah”.

Kemudian orang lain mengadu lagi kepada beliau tentang kekeringan pada lahan (kebunnya). Lalu Hasan menasehatkan, “Beristigfarlah kepada Allah”.

Kemudian orang lain mengadu lagi kepada beliau karena sampai waktu itu belum memiliki anak. Lalu Hasan menasehatkan, “Beristigfarlah kepada Allah”.

Kemudian setelah itu Hasan al-Bashri membacakan surat Nuh di atas. (Al-Hafidz Ibnu Hajar di Fathul Bari, 11/98)

  1. Qiyamullail

Salah satu pintu rezki Allah adalah Qiyamullail atau Shalat Lail atau shalat Malam. Dikenal pula dengan shalat Tahajjud.  Shalat malam mengandung kebekahan dan keutamaan, sebab do’a dalam sahalat tahajjid merupakan salah satu do’a yang mustajab.

Jabir bin Abdullah meriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

(إن من الليل ساعة، لا يوافقها عبد مسلم يسأل الله خيرا، إلا أعطاه إياه) – صحيح مسلم.

Jabir bin Abdullah meriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Sesungguhnya di waktu malam ada suatu waktu, tidaklah seorang Muslim meminta kebaikan kepada Allah (pada waktu tersebut, melainkan Allah akan memberinya. (HR. Muslim)

  1. Sedekah

Faktor lain yang dapat memudahkan rezki adalah sedekah. Allah Ta’ala menjanjikan balasan berlipat ganda bagi orang yang menyedekahkan hartanya. Allah Ta’ala berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 261.

{ مَّثَلُ الَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَن يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ}.

Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui. (Qs. Al-Baqarah:261)

Dalam hadits shahih riwayat Imam Bukhari dari Sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

 (ما من يوم يصبح العباد فيه إلا ملكان ينزلان فيقول أحدهما : اللهم أعط منفقًا خلفًا، ويقول الآخرُ : اللهم أعطِ مُمسكًا تلفًا) – صحيح البخاري.

Tidaklah seorang Muslim berada di waktu pagi melainkan ada dua Malaikat yang turun, salah satu diantara keduanya mengatakan, ‘Ya Allah berilah ganti yang lebih baik kepada orang yang berinfaq’, Malaikat yang lain mengatakan, ‘Ya Allah berilah kebinasaan pada harta orang yang menahan(tidak menginfakkan hartanya).’ (HR. Bukhari).

  1. Silaturrahim

Silaturrahim atau menyambung hubungan kekerabatan termasuk salah satu faktor yang memudahkan rezki. Sebagaimana dikabarkan oleh Nabi shallalahu ‘alaihi wa sallam melalui sahabat Anas bin Malik radhiyallanu ‘anhu.

 (من سره أن يبسط له في رزقه، أو ينسأ له في أثره، فليصل رحمه) – صحيح البخاري.

Siapa yang diluaskan rezkinya dan dipanjangkan umurnya, hendaknya ia menyambung kekerabatan (silaturrahim).” (HR. Bukhari).

Dalam hadits ini dikabarkan silaturrahim dapat mendatangkan keluasan rezki dan menambah umur bagi yang melakukannya.

Menurut Ibnul Qayyim, makna penambahan umur dalam hadits tersebut adalah karunia berupa taufiq melakukan dzikrullah dan sibuk dengan ibadah. Namun yang paling tepat adalah membawa makna hadits ini pada makna hakiki. Karena Allah telah mentakdirkan sebab dan penyebabnya.

Keempat hal ini bukan pembatasan. Pada tulisan berikutnya insya Allah akan disajikan sebab-sebab lain yang mengundang rezki. Wallahu a’lam. (Sym).

 

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: