DPW DKI Jakarta dan Depok

Ikatan Pelajar Muslimah Indonesia (IPMI) Gelar Temu Nasional di Kendari

0 173

(Kendari) wahdahjakarta.com, Ikatan Pelajar Muslimah Indonesia (IPMI) bekerja sama dengan IPMI Cabang Kendari kembali menggelar acara Temu Ramaja Sekolah (TERAS) Nasional tahun 2018 di Kota Kendari Sulawesi Tenggara.

Kegiatan ini terdiri dari beberapa rangkaian acara yang dilaksanakan oleh IPMI Daerah yang diharapkan mampu menunjukkan eksistensi dan peran pelajar muslimah untuk Indonesia.

Kegiatan TERAS kali ini dilaksanakan selama 3 hari ahad-Selasa (18-20 November 2018), diikuti oleh pelajar muslimah dari 3 provinsi, yakni sulawesi selatan (Makassar, Maros, Palopo, Luwuk Timur, Jeneponto, Bulukumba, Bone, dan Takalar), Sulawesi Tenggara (Kendari, Baubau, Kolaka, Kolaka Timur, dan Muna) serta Sulawesi Tengah (Palu dan Sigi).

Hari pertama, ahad, (18/11/2018) digelar Temu Aktivis Dakwah Sekolah Nasional (TADSN) di Aula Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara. Kegiatan  ini dihadiri 86 peserta dari berbagai daerah. Ketua IPMI Pusat, Evawani Pratiwi mengatakan, kegiatan ini sebagai ajang silaturrahmi pelajar muslimah Indonesia. Beberapa rekomendasi strategis lahir dari kegiatan ini khususnya dalam memperkuat jaringan dan persaudaraan (ukhuwah) aktivis dakwah sekolah serta strategi dakwah di lingkungan sekolah dan remaja pada umumnya.

Hasriani Jawire, salah seorang peserta TERAS Nasional dari Kabupaten Kolaka menyatakan bahwa “kegiatan ini sangat bermanfaat bagi dirinya dalam mengemban dakwah islam, membangun jaringan dalam dakwah serta memperkuat ukhuwah sesama aktivis dakwah sekolah dan remaja”.

Pada hari Senin, 19 November 2018 kegiatan dilanjutkan dengan brainstorming bersama peserta yang berasal dari daerah di 3 provinsi. Eva, selaku penanggung jawab IPMI pusat, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat komitmen para aktivis dakwah untuk tetap konsisten (istiqomah) dalam berdakwah.

TERAS Nasional kali ini juga menggelar Muslimah Creative Competion (MCC) yaitu sebuah kompetisi berbasis online yang terdiri dari pembuatan Poster Islami, Fotografi, hingga Videografi. Kegiatan ini digelar secara online  yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat berkarya bagi pelajar muslimah serta menyalurkan potensi pelajar muslimah di bidang IT, kegiatan ini terbuka bagi pelajar muslimah se-Indonesia.

Ketua IPMI Kendari, Samsinar Samsuddin, menjelaskan bahwa puncak acara TERAS Nasional dilaksanakan pada hari Selasa, 20 November 2018 dalam bentuk Seminar Remaja Muslimah yang dilaksanakan di Gedung Auditorium Mokodompit Universitas Haluoleo Pukul 08.00 – 12.00 dengan menghadirkan 700 orang remaja muslimah. Menghadirkan pemateri Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari, Sri Lestari, SE, M.Si, dan Ustadzah Hj. Harisatipah Abidin, dengan materi “Menyongsomg Generasi Gemilang Untuk Negeri”.

Kegiatan TERAS Nasional merupakan agenda 4 tahunan yang sukses diselenggaran pertama kali pada tahun 2014. TERAS Nasional 2018 mengangkat tema “Satukan Langkah dari Pelajar Muslimah Untuk Indonesia” . (Rilis IPMI).

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: