DPW DKI Jakarta dan Depok

8 Manfaat Madu untuk Ibu Menyusui

0 2,059
Di dalam madu terdapat banyak sekali kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Sejak dulu madu sudah sering dikonsumsi oleh ibu hamil maupun ibu menyusui, sebab madu memiliki khasiat yang sangat besar bagi tubuh. Untuk ibu hamil sendiri madu bermanfaat untuk mempermudah membuka jalan keluar bayi sehingga sangat membantu proses persalinan bayi. Bukan untuk ibu hamil saja, tetapi madu untuk ibu menyusui juga sangat bermanfaat. Manfaat  madu untuk ibu menyusui:• Dapat memperlancar ASI.
• Memberikan Zat Anti Kuman

Di dalam madu terdapat kandungan yang bisa menambah ketahanan tubuh baik itu pada bayi ataupun ibu menyusui, sehingga tubuh bayi maupun ibu akan tahan terhadap berbagai macam penyakit. Pada saat ibu meminum madu, madu akan memberikan zat anti kuman pada kandungan ASI. Untuk itu, ibu hamil sangat dianjurkan mengkonsumsi madu, minimal 6 sendok makan dalam sehari

• Mencukupi kebutuhan gizi bayi

Beberapa hasil riset di Jepang membuktikan bawa manfaat madu untuk ibu menyusui sangatlah banyak, salah satunya ialah dapat memperbanyak jumlah antibody di dalam ASI, sehingga dengan sering mengkonsumsi madu dapat mencukupi kebutuhan gizi bayi serta dapat menjaga ketahan tubuh bayi.

• Dapat melembutkan lidah dan tenggorokan bayi.
• Dapat mencegah munculnya jamur.
• Madu bermanfaat bagi lambung dan aliran darah.
• Dapat mengobati peradangan pada bayi

Bayi seringkali mengalami radang tenggorokan, radang terseut biasanya diakibatkan oleh jamur. Dengan mengoleskan madu yang sudah dicampur dengan air putih di bagian mulut bayi dapat membantu menyembuhkan peradangan tersebut.

• Membantu masa-masa nifas Setelah melahirkan

Moms akan mengalami masa-masa nifas, pada masa nifas ini selama kurang lebih 40 hari Moms akan mengalami keluar darah seperti pada saat haid. Namun Moms tak perlu khawatir, karena hal ini umum terjadi. Keluarnya darah nifas sebagai bentuk pembersihan dan pemulihan kembali rahim ibu. Untuk itu agar proses penyembuhan rahim tersebut cepat selesai, sebaiknya ibu mengkonsumsi madu. Sebab di dalam madu kaya akan vitamin dan anti-bacterial yang dapat mempercepat proses penyembuhan rahim.

Sumber: babyologist

Artikel : Apotek Wahdah

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: