Alumni Univeristas Islam Madinah Gelar Silatnas III

3 445

(Jakarta) wahdahjakarta.com -, Perkumpulan Alumni Jami’ah Islamiyah Madinah di Indonesia (PAJIM) menggelar Silaturrahim Nasional ke.3 (Silatnas Pajim III) di Hotel Grand Cempaka Jakarta Pusat, Sabtu-Ahad (19-20/01/2019).

Silatnas PAJIM III mengangkat tema Optimalisasi Peran Dakwah Alumni dalam Dakwah Untuk Persatuan Ummat, dihadiri alumni Universitas Islam Madinah (UIM) yang tersebar di berbagai penjuru nusantara.

Saat ini alumni dari Kampus didirikan pada 25 Rabi’ul Awal 1381 H ini telah mencetak lebih dari 1.400 alumni dari Indonesia.

Ustadz DR. Hidayat Nurwahid salah satu Alumni Universitas Islam Madinah

Alumninya yang berasal dari latar belakang dan kiprah yang beragam mewarnai sahah (medan) dakwah bahkan kehidupan sosial politik di Indonesia. Ada yang di eksekutif sebagai menteri seperti DR. Salim Segaf al-Jufri dan KH. Maftuh Basyuni, ada yang  berkiprah di lembaga legislatif bahkan sebagai pimpinan seperti DR. Hidayat Nur Wahid.

Peran merka di ormas-ormas Islam juga sangat terasa, dari Nahdhatul Ulama (NU) seperti Prof.DR. Said Aqil Husein al-Munawwar pernah menjabat sebagai Menteri Agama RI. Dari ormas  Muhammadiyah ada Fathurrahman Kamal yang merupakan ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah. Di  Hidayatullah ada Nashirul Haq yang merupakan ketua umum PP Hidayatullah. Di  MIUMI (Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia) ada Ustadz Bachtiar Nasir (UBN)  sebagai ketua MIUMI sekaligus ketua PAJIM.

Yang menarik adalah di Wahdah Islamiyah (WI), semua pimpinannya adalah alumni Universitas Islam Madinah. DR. (HC) Muhammad Zaitun Rasmin Ketua Umum DPP WI, DR. Rahmat Abdurrahman, Ketua Harian DPP WI. Demikian pula DR. Muhammad Yusran Anshar sebagai Ketua Dewan Syari’ah WI, dan Muhammad  Ikhwan Jalil yang merupakan Ketua Dewan Syuro WI.

Ustadz Zaitun Rasmin
Ketua Ikatan Ulama dan Da’i Asia Tenggara, Ustadz Muhamma d Zaitun Rasmin menyampaikan sambutan pada Silatnas PAJIM III

Asatidzah alumni Madinah yang berkiprah di medan dakwah dan majelis ilmu juga sangat dominan, sebut misalnya; DR. Firanda Andirja, DR. Syafiq Riza Basalamah, DR. Kholid Basalamah, DR. Arifin Badri, DR. Dasman Yahya, DR. Mawardi M. Saleh, dan asaatidzah yang lainnya. Potensi yang sangat besar dari para alumni, semoga semuanya bisa bersinergi.

Sumber: Marzuki Umar (Anggota PAJIM dan Peserta Silatnas PAJIM III)

Leave A Reply

Your email address will not be published.