DPW DKI Jakarta dan Depok

Asma Nadia, Penulis Novel Best Seller Berbagi Tips ‘Menulis Jitu Dari Hati’ di IBF 2019 Senayan

0 181
Asma Nadia, Penulis Novel Best Seller saat memberikan motivasi menulis kepada pengunjung Islamic Book Fair di panggung utama IBF 2019 Senayan

(JAKARTA) Wahdahjakarta.com – Penulis beberapa novel Best Seller, Asma Nadia saat mengisi di acara Islamic Book Fair (IBF) 2019 mengungkapkan beberapa trik atau cara agar bisa membuat tulisan yang berkesan “dari hati” dan mampu menarik pembaca. Hal tersebut disampaikan di panggung utama IBF pada Ahad (3/3/2019).

“Menulis itu sebetulnya memindahkan. Tidak hanya apa yang ada di hati, tapi juga apa yang ada di pikiran, di imajinasi dan panca indera. Itu semua kita tumpahkan dalam tulisan.” Ujarnya

Asma menyebut, untuk bisa menumpahkan perasaan terdalam ke dalam tulisan, harus rutin latihan mendeskripsikan perasaan tersebut dalam bentuk tulisan atau karangan.

“Jadi memang untuk bisa menumpahkan perasaan terdalam ke dalam tulisan, harus rajin-rajin latihan mendeskripsi. Misalnya saat patah hati, kita mendeskripsikan perasaan kita saat patah hati tersebut, maka ketika patah hati selanjutnya bahkan sampai ke-23, tulisan kita biasanya akan jadi lebih bagus.” Jelas Asma

 “Banyak membaca. Jadi buat yang mau jadi penulis, saya gak ngerti kenapa mau jadi penulis tapi gak suka membaca. Karena gurunya penulis itu adaah membaca. Kuliahnya seorang penulis itu adalah membaca, bukan orang.” Tambahnya.

Terakhir, Asma menjelaskan alasan mengenai keharusan seorang yang ingin menjadi penulis untuk membiasakan diri dalam berinteraksi dengan buku atau membaca. Menurutnya, membaca buku adalah menikmati setiap unsur-unsur yang ada dalam sebuah buku dari awal hingga akhir.

“Ketika membaca,  kita bisa menikmati proses dari opening atau dari judul ke ending, jadi kita punya pengalaman berinteaksi dengan semua unsur-unsur cerita ketika kita membaca sebuah buku dari awal hingga selesai.” Pungkasnya.

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: