DPW DKI Jakarta dan Depok

Awal Ramadhan 1439 H Jatuh Pada Kamis 17 Mei 2018

0 161

Awal Ramadhan 1439 H Jatuh Pada Kamis 17 Mei 2018

Awal Ramadhan 1439 H Jatuh Pada Kamis 17 Mei 2018

(Jakarta) wahdahjakarta.com-, Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) memutuskan bahwa 1 Ramadhan 1439 H jatuh pada hari Kamis 17 Mei 2018.

Keputusan itu disampaikan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin melalui sidang itsbat yang digelar  bersama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Sidang isbat dimulai sekitar pukul 18.15 WIB setelah salat magrib dihadiri Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, Imam Besar Istiqlal KH. Nasaruddin Umar, perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), PBNU, PP Muhammadiyah, Wahdah Islamiyah, ormas-ormas Islam lainnya , Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

“Bulan sya’ban saat ini, kita genapkan kita sempurnakan menjadi 30 hari. Maka malam hari ini tanggal 30 sya’ban, 1 Ramadan jatuh hari Kamis tanggal 17 Mei 2018,” kata Menteri Agama.

“Dalam sidang isbat kita menerima laporan posisi hilal pada sore hari ini dan laporan dari sejumlah pelaku rukyatul hilal yang tahun ini kita laksanakan di 95 titik di seluruh tanah air,” imbuhnya.

“Dari pelaku rukyatul hilal yang tersebar di 95 titik, sampai dengan sidang isbat kita menerima 32 pelaku rukyatul hilal. Kita menerima kesaksian, tidak satupun berhasil melihat hilal,” tandasnya.

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: