DPW DKI Jakarta dan Depok

Bagi Yang Baru Hijrah, Jangan Abaikan Amalan Ini

0 368

Bagi Yang Baru Hijrah, Jangan Abaikan Amalan Ini

Hijrah yang dimaksud di sini lebih tepat ditempatkan sebagai sinonim dari kata tobat. Artinya hijrah di sini bermakna kembali ke pangkuan Islam dalam arti sungguh-sungguh mempelajari dan mengamalkan Islam secara kaffah. Kata hijrah akhir-akhir ini biasanya identik dengan lahirnya kesadaran baru untuk berislam lebih serius setelah sebelumnya larut dalam kelalaian bahkan bergelimang dosa. Setelah sebelumnya meninggalkan shalat dan abai terhadap ilmu agama, maka setelah hijrah mulai tumbuh kesadaran belajar Agama dan tumbuh kesadaran menjaga shalat fardhu. Bahkan mulai menghidupkan amalan-amalan sunnah.

Namun biasanya orang yang baru “hijrah” dihantui persaan bersalah atas kesalahan masa lalu. Sehingga kadang muncul pertanyaan, “Apa amalan terbaik untuk menghapus dosa dan salah di masa lalu?”. Temukan jawabannya dalam artikel singkat ini.

***

Dalam Kitab Al-Adab Al-Mufrad (no.4) terdapat kisah yang sangat indah tentang hal ini yang dikisahkan oleh ‘Athaa` bin Yasaar rahimahullah, yaitu:

Suatu ketika Ibnu Abbas radhiyallahu’anhuma didatangi seseorang lalu berkata pada beliau:

Sesungguhnya sebelumnya saya melamar seorang wanita, namun ia enggan menikah denganku, dan kemudian dilamar oleh orang lain, dan iapun mau menikah dengannya, lalu saya pun merasa cemburu dan membunuh wanita tersebut, maka apakah taubat saya bisa diterima ?“.

Ibnu Abbas balik bertanya padanya: “Apakah ibumu masih hidup?”.

Ia menjawab: “Tidak (sudah wafat)”.

Maka Ibnu Abbas berkata padanya:

Bertaubatlah kepada Allah ‘Azza wajalla, dan beribadahlah mendekatkan diri pada-Nya semaksimal kemampuanmu“.

‘Athaa` berkata: (Setelah orang tersebut pergi) saya mendatangi Ibnu Abbas dan bertanya padanya: Kenapa anda bertanya tentang hidupnya ibunya?

Beliau menjawab:

Sesungguhnya saya tidak tahu ada amalan yang lebih mendekatkan diri kepada Allah (dan lebih dicintai-Nya) dari berbakti pada sang bunda“.  (Atsar ini shahih).

Oleh karena itu, yang baru hijrah jangan abaikan amalan ini (birrul walidain/berbakti kepada ibu bapak)

Ya Allah… Jadikanlah kami orang-orang yang senantiasa berbakti pada orang tua kami.. aamiin.

(Ustadz Maulana La Eda dengan sedikut perubahan oleh admin).

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: