DPW DKI Jakarta dan Depok

Rekam Gempa Palu oleh BMKG : Gempa Terbesar Pernah Terjadi Pada Tahun 1909

0 120
BMKG : Gempa Terbesar Pernah Terjadi Pada Tahun 1909
Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG,  Daryono dalam jumpa pers FMB9 Kemenkominfo di Gedung Graha BNPB, Kamis (4/10/2018). Foto : Fadhlur Rahman Yusra/wahdahjakarta.com

(Jakarta) wahdahjakarta.com,- Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG,  Daryono menyebutkan bahwa pergerakan seismik dan tsunami di Sulawesi sangat aktif.

“Kalau tsunami saja, dari Toli-toli sampai mamuju pernah tercatat sebanyak 19 kali dan apabila digabung dengan yang sekarang sudah terjadi sebanyak 20 kali semenjak tahun 1900an, ini luar biasa sekali.” ujar beliau dalam jumpa pers FMB9 Kemenkominfo di Gedung Graha BNPB, Kamis (4/10/2018).

Beliau menyebutkan gempa terbesar di palu, pernah terjadi pada tahun 1909 dengan kekuatan lebih dari 7 SR berdasarkan catatan lembaga bencana Belanda.

“Saking dahsyatnya gempa saat itu, sampai buah kelapa saja ikut berjatuhan dan daun-daunnya sampai berguguran” tutur beliau.

Pada tahun 1927 juga pernah terjadi gempa dan memicu tsunami dan korban jatuh sekitar 14 orang, namun pada tahun 1969 terjadi kembali gempa dahsyat yang memicu tsunami sehingga memakan korban sebanyak 160 orang. Dan terakhir pada tahun 2012 di palu selatan yang menyebabkan 5 orang meninggal dunia. [fry]

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: