DPW DKI Jakarta dan Depok

Bolehkah Wanita Shalat dalam Keadaan Telapak Tangan Terlihat ???

0 305

Bolehkah Wanita Shalat dalam Keadaan Telapak Tangan Terlihat ???

oleh : Samsul Basri

Para Ulama berbeda dalam menetapkan hukumnya apakah boleh atau tidaknya telapak tangan tersingkap di dalam Shalat.

Kedua Tangan Wajib ditutup Ketika shalat

Imam Asy-Syaukani rahimahullahu  menyebutkan dalam kitab “Nailu al-Authaar” juz 3 hlm.330 bahwa al-Imam al-Muhaddits, Imam Abu Daud dan Imam Ahmad berkata,

أنه لا يجوز للمرأة الحرة أن تكشف كفيها وقدميها في الصلاة. ويجب عليها ستر جميع بدنها إلا الوجه

“Mengenai hal ini tidak boleh bagi seorang wanita merdeka menampakkan kedua telapak tangan demikian pula kedua kakinya ketika shalat.  wajib baginya menutup semua badannya kecuali wajah.”

Kedua Tangan Tidak Wajib ditutup dan  Boleh Terlihat

Pendapat  ini dipilih oleh Imam Malik dan Imam Asy-Syafi’i, sebagaimana dinukil oleh Abu al-Qashim bin al-Jilaabi al-Bashriy al-Maalikiy dalam kitab “at-Tafrii’u” juz 1 hlm.239.

والمرأة الحرة كلها عورة إلا وجهها ويديها وعليها أن تستر في الصلاة سائر جسدها ولا تبدي منه شيئا الا الوجه واليدين

Dan seorang wanita merdeka, seluruh tubuhnya adalah aurat, kecuali wajah dan kedua tangannya, maka wajib baginya menutup seluruh tubuhnya dalam shalat, dan tidak menampakkan bagian dari tubuhnya sedikitpun ketika shalat kecuali wajah dan kedua tangannya.

Bagaimana sebaiknya???

Sebaiknya dengan menggabungkan dua pendapat,

Fatwa Majelis Ulama al-Mamlakah as-Su’udiyyah

إن غطتهما فأفضل ، وإلا فليس بلازم ، لا بأس بكشفهما ، والوجه يشرع كشفه في الصلاة ، المرأة تكشف وجهها في الصلاة ، إلا إذا كان عندها أجنبي تغطي وجهها ، أما إذا كان ما عندها إلا زوج أو نساء ، السنة أن يكون الوجه مكشوفا ، أما اليدان فإن شاءت كشفتهما على الصحيح ، وإن شاءت سترتهما وهو أفضل خروجا من خلاف من قال بوجوب سترهما ، أما القدمان فيستران .

Sekiranya muslimah menutup kedua tangan ketika shalat, maka hal itulah yang lebih utama. namun sekiranya tidak, maka bukan suatu keharusan. yaitu tidak mengapa tampak kedua tangan. adapun wajah, disyariatkan tersingkap ketika shalat, maksudnya seorang wanita menyingkap wajahnya dalam shalat, kecuali disekitarnya lelaki asing yang memungkinkan secara leluasa melihatnya, maka ia menutupnya. adapun jika yang memungkinkan melihatnya hanya suami atau wanita muslimah, maka yang sunnah adalah membiarkan wajah tersingkap. adapun kedua tangan jika ia mau, boleh menampakkan kedua tangan, dan jika mau ia menutup kedua tangannya dan tentu inilah yang lebih afdhal (lebih utama), lebih selamat, menghindari khilaf dari yang mengatakan bahwa menutup kedua tangan adalah wajib. adapun kedua kaki, maka keduanya wajib ditutup bagi wanita. (http://www.alifta.net/Fatawa).

 

Fatwa Syaikh Bin Baz rahimahulla

المرأة عورة كلها عورة، يجب أن تستر بدنها في الصلاة، ولو ما عندها أحد، إلا الوجه، فالسنة كشفه، أما بقية بدنها فالمشروع ستره، بل يجب ستره إلا الكفين بعض أهل العلم أجاز كشفهما، والأفضل سترهما والأحوط سترهما، فإذا صلَّت وقدماها مكشوفتان أو رأسها أو ذراعها، أو صدرها لم تصح صلاتها، فالواجب على المرأة أن تستتر إلا الوجه، وهكذا الكفان الأحوط سترهما؛ لأنها عورةٌ كلها ولو ما حضرها أجنبي.

Seorang wanita seluruh tubuhnya adalah aurat. wajib baginya menutup seluruh tubuhnya di dalam shalatnya, meski tak seorang pun melihatnya, kecuali wajahnya. karena sunnahnya wajah memang ditampakkan, adapun anggota tubuh yang lainnya disyariatkan untuk ditutup. bahkan wajib ditutup kecuali kedua telapak tangan, karena sebagian ulama membolehkan keduanya tersingkap. dan yang lebih utama adalah menutup keduanya, dan yang lebih berhati -hati  adalah menutupnya. jika seorang wanita shalat, sedang kedua kakinya tersingkap atau rambutnya, atau lengannya, atau dadanya maka shalatnya tidak sah. maka wajib bagi wanita menutup badannya kecuali wajahnya. demikian pula kedua tangan, yang lebih berhati-hati adalah dengan menutupnya. karena wanita adalah aurat seluruhnya meskipun tidak ada lelaki asing yang melihatnya. (http://www.binbaz.org.sa/node/14749).

 

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: