DPW DKI Jakarta dan Depok

Bulan Ramadhan 1439 H Masjid Istiqlal Buka 24 Jam dan Siapkan Anggaran 2 M

Suasana Buka Puasa di Masjid Istiqlal. Sumber: Antarafoto
0 169

Bulan Ramadhan 1439 H Masjid Istiqlal Buka 24 Jam dan Siapkan 2 M
Suasana Buka Puasa di Masjid Istiqlal. Sumber: Antarafoto

Bulan Ramadhan 1439 H Masjid Istiqlal Buka 24 Jam dan Siapkan Anggaran 2 M

(Jakarta) wahdahjakarta.com-, Menyambut datangnya bulan Ramadhan 1439 H, pengurus Masjid Istiqlal menyiapkan anggaran sebesar 2 miliar rupiah untuk melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan. Dana tersebut berasal dari perusahaan swasta, instansi pemerintah, dan umat Islam.

Kepala Bagian Protokol dan Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah Abdus Salam mengatakan, dana tersebut juga akan digunakan untuk melayani para jamaah yang akan beribadah di Masjid Istiqlal.

“Jadi dana sekitar Rp 2 miliar lebih. Itu semua didapat dari masyarakat, dari instansi pemerintah, perusahaan swasta, kemudian Kementerian. Dan juga ada yang bukan berupa uang, seperti air mineral dan lain-lain,” ujarnya sebagaimana dilansir Republika.co.id.

Dia menuturkan, menjelang Ramadhan tahun ini, pengurus Masjid Istiqlal sudah menggelar beberapa kegiatan. Di antaranya kegiatan bersih-bersih 1.000 masjid bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Saat memasuki Ramadhan nanti, akan disediakan takjil gratis untuk umat Islam yang ingin berbuka puasa di Masjid terbesar se-Asia Tenggara tersebut. Tidak tanggung-tanggung, Masjid Istiqlal menyiapkan 3.000 hingga 5.000 takjil.

 “Untuk program inti nanti yaitu buka puasa bersama, kami sudah menunjuk beberapa rumah makan untuk menyediakan takjil itu per hari bisa 3.000 sampai 5.000, itu selama Ramadhan,” ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga menyiapkan sahur gratis sekitar 1.000 nasi kotak. Karena, menurut dia, tidak sedikit umat Islam yang juga melakukan sahur di Masjid Istiqlal. “Karena memang Masjid Istiqlal ini 24 jam buka terus selama bulan puasa,” katanya.

Sementara itu, untuk pelaksanaan tarawih nantinya akan digelar dengan dua gelombang. Gelombang pertama 11 rakaat, sedangkan gelombang kedua 23 rakaat. Menurut dia, panitia Masjid Istiqlal sudah menjadwalkan penceramah ataupun qori’ dalam pelaksanaan shalat tarawih.

“Untuk penceramah sebelum tarawih biasanya yang mengisi di bulan Ramadhan hari pertama Menteri Agama, nanti juga ada Ketua MUI, ketua Muhammadiyah, atau Ketua PBNU,” jelasnya.

Dia menambahkan, kegiatan Ramadhan tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Nanti juga akan ada kegiatan seminar atau pengajian menjelang buka puasa. Yang berbeda, kata dia, sebelum memasuki Ramadhan tahun ini pihaknya tidak membuka bazar karena kekurangan anggaran. “Tahun ini sebelum buka puasa itu yang baru ada semacam penampilan seni budaya Islam. Yang jelas nanti akan banyak kegiatan seminar dan lain-lain juga,” katanya. [sym].

Sumber: Republika.co.id

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: