DPW DKI Jakarta dan Depok

Cara Mudah Mencegah Hypertensi

Talk Show Cara Mudah Cegah Hypertensi Bersama dr. Ihsan Jaya
0 168

JAKARTA – Hypertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah sistolik diatas atau sama dengan 140 mmHg atau tekanan darah diastolik diatas atau sama dengan 90 mmHg. Penyakit ini sangat berbahaya, dan digolongkan sebagai sebagai “The Silent Killer”, karena seringkali datang dan menimpa seseorang tanpa ada keluhan.

Saking bahayanya penyakit ini maka dr.Ihsan Jaya yang juga merupakan pegiat thibbun nabawi membahas penyakit ini secara khusus pada Selasa (1/12) secara virtual. Acara yang diadakan oleh WIZ bekerjasama dengan QALS dan AJWA kali ini membahas tema “Hypertensi”, yang merupakan bagian ke 3 dari 5 pembahasan tentang “Silent Killer”.

Menurut penuturan dr. Ihsan Jaya, berdasarkan referensi kutipan dari Kemenkes bahwasanya risiko hypertensi dapat dikurangi dengan beberapa cara :

  1. Mengurangi konsumsi garam.
  2. Melakukan aktivitas fisik teratur (olahraga).
  3. Tidak merokok dan menghindari asap rokok.
  4. Diet dengan gizi seimbang.
  5. Mempertahankan berat badan ideal.
  6. Menghindari minuman beralkohol.

Selanjutnya menurut pemateri yang juga seorang dosen kesehatan ini, ada beberapa herbal tambahan yang juga dapat digunakan untuk pencegahan maupun perawatan penyakit Hypertensi yang penderitanya di angka 63 juta lebih di Indonesia ini. Diantara herbal yang dianjurkan adalah buah mengkudu, pelepah bunga rosela, dan saledri dimana penggunaannya tetap memperhatikan dosis, tahapan dan juga dapat diintegrasikan dengan pengobatan modern, serta nilai – nilai ilahiyah dari thibbun Nabawi seperti menjalankan ibadah secara ikhlas.

Acara yang berlangsung 2 jam lebih diikuti antusias oleh 27 peserta yang hadir via zoom, dan puluhan lainnya melalui youtube dari total peserta 50an. Biasanya peserta yang kebetulan terkendala di kuota atau sedang di luar kota akan mengikuti via youtube yang rekamannya dapat diputar berulang-ulang. Kegiatan sempat terhenti sekitar 30 menit, disebabkan ada kendala di operator aplikasi zoom, akan tetapi peserta tetap bersabar semangat mengikuti walaupun sampai larut malam. []

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: