DPW DKI Jakarta dan Depok

#DonggalaBangkit dengan Spirit Hijrah

0 144
#DonggalaBangkit dengan Spirit Hijrah
Tabligh Akbar “Donggala Bangkit” yang digelar Dewan Pimpinan Daerah Wahdah Islamiyah (DPD WI) Donggala, Ahad (04/11/2018) Photo:Rustam

#DonggalaBangkit dengan Spirit Hijrah

(Donggala) wahdahjakarta.com – Spirit hijrah menjadi modal utama bagi warga Donggala Sulawesi Tengah untuk kembali bangkit pasca bencana gempa bumi, tsunami, dan likuifaksi yang menimpa beberapa daerah di Sulteng pada penghujung bulan September 2018 lalu.

Dewan Pimpinan Daerah Wahdah Islamiyah (DPD WI) Kabupaten Donggala menggelar Tabligh Akbar dengan tema “Donggala Berhijrah” di Masjid Al-Istiqomah Labuan Bajo Kabupaten Donggala, Sul-Teng, Ahad (4/11/2018).

Menurut, ketua Pengurus Masjid Al-Istiqomah Roni Jalaluddin  kegiatan tabligh akbar ini merupakan satu cara Trauma Healing untuk masyarakat pasca bencana.

Ketua Pengurus Masji Istiqamah Donggala Roni Jalaluddin menyampaikan sambutan pada Tabligh Akbar “Donggala Berhijrah”, Ahad (04/11/2018). Photo:Rustam

Roni optimis, Donggala akan bangkit dengan spirit hijrah insya Allah.

“Sebagaimana pada tema kegiatan, kita bersama membangun Donggala kembali untuk hijrah ke arah yang lebih baik ,” ujarnya.

Senada dengan Roni harapan dan optimisme #Donggalabangkit juga diungkapkan Wakapolres Donggala Komisaris Polisi Hedi Abu Djafar yang turut hadir menyampaikan sambutan dalam Tabligh Akbar “Donggala Berhijrah” ini.

Wakapolres Donggala Ajak Masyarakat Berhijrah ke Arah yang Lebih Baik
Wakapolres Donggala Ajak Masyarakat Berhijrah ke Arah yang Lebih Baik

 “Alhamdulillah saat ini kita akan mendengarkan Tabligh Akbar, maka mari kita memaksimalkan diri untuk benar-benar membuat daerah kita, Donggala, berhijrah ke arah yang lebih baik,” ujar kompol Hedi.

Tabligh akbar yang dipadati ratusan jama’ah ini menghadirkan Ketua Dewan Syari’ah Wahdah Islamiyah, Ustadz. DR. Muhammad Yusran Anshar sebagai penceramah.

Spirit Hijrah
Jama’ah antusias mengikuti dan menyimak taushiyah Tabligh Akbar “Donggala Berhijrah” yang digelar Wahdah Islamiyah Donggala, Ahad (04/11/2018). Photo:Rustam

Dalam taushiyahnya Ustadz Yusran mengajak hadirin Tabligh Akbar “Donggala Berhijrah” untuk bangkit dengan semangat dan spirit  hijrah, semangat perbaikan diri dan keluarga.

“Mari kita berhijrah, berhijrah dari apa? Berpindah dari manusia yang banyak bermaksiat menuju manusia yang banyak berdzikir kepada Allah Taala,” tuturnya.

Salah satu cara menyelamatkan diri dari bala, lanjut ustad Yusran, adalah dengan melakukan perbaikan-perbaikan. Inilah cara yang telah ditempuh oleh Rasulullah. Sebagaimana ditegaskan Allah dalam Alquran, bahwa Allah tidak akan menyiksa suatu kaum dengan kezaliman yang mereka lakukan, selama mereka adalah orang selalu mengadakan perbaikan, saling menasehati dari kesalahan.

Ustadz Muhammad Yusran Anshar

 “Bagaimana kita berhijrah? Kita mulai dari diri dan keluarga kita. Arahkan diri untuk rajin ke Masjid, sembari mengajak anggota keluarga kita juga ikut menyejahterakan Masjid. Sehingga tercipta keluarga yang shalih, dan terkonversi menjadi Masyarakat yang taat kepada Allah taala. Dari kondisi ini, niscaya akan tercipta Donggala yang mendapatkan Rahmat dan Keberkahan dari Allah Subhana wa taala,” jelasnya.

Anak-anak korban gempa Donggala sedang menenteng bantun sembako pasca Tabligh Akbar “Donggala Berhijrah”, Ahad (04/11/2018)

Tabligh Akbar “Dongga Berhijrah” juga dirangkaikan dengan pembagian paket sembako kepada ratusan warga yang hadir, yang terdiri dari jemaah laki-laki, Ibu-ibu, para pemuda serta anak-anak. (Rustam/Sym).

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: