Buletin Al Balagh Edisi 37 : Kaum Muslimin Ibarat Satu Tubuh

0 389
Buletin Al Balagh Edisi 37 : Kaum Muslimin Ibarat Satu Tubuh
  • Version
  • Download 33
  • File Size 583.79 KB
  • Create Date September 8, 2017

Kaum Muslimin Ibarat Satu Tubuh

Perumpamaan Umat Islam sebagaimana digambarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bagaikan satu tubuh. Hadits Rasul yang diriwayatkan oleh Nu’man bin Basyir berbunyi:

“Perumpamaan orang-orang mukmin dalam berkasih sayang bagaikan satu tubuh, apabila satu anggota badan merintih kesakitan maka sekujur badan akan merasakan panas dan demam”. (HR. Muslim).

Hadits lain yang memiliki pesan sama adalah, “Seorang mukmin terhadap mukmin (lainnya) bagaikan satu bangunan, satu sama lain saling menguatkan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Betapa banyak Kaum Muslimin di penjuru bumi yang masih belum merasakan ketenangan dan ketentraman hidup. Di Suriah, Palestina, Afghanistan, Afrika Tengah dan paling anyar sekarang adalah di Arakan Myanmar. Saudara kita muslim dari etnis Rohingya, dibantai, dibunuh secara sadis oleh militer Myanmar tanpa mengenal tua dan muda, dewasa atau  pun anak-anak. Bahkan bayi yang masih di rahim ibunya tak luput dari pembantaian kafirin di sana.

Islam mendorong Umatnya untuk membantu siapa yang membutuhkan. Dan pada hakikatnya menolong orang yang membutuhkan juga berarti bahwa menolong diri sendiri. Ada kaedah dalam bahasa Arab yang berbunyi: aljazaa’ min jinsil ‘amal, bahwa balasan seperti amal yang dilakukan. Karena itu dengan kaedah tersebut kita bisa memahami sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu :

“Siapa yang menyelesaikan problem saudaranya sesama kaum muslimin di Dunia maka Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menyelesaikan problemnya di Akhirat. Siapa yang memudahkan orang yang kesulitan maka Allah Subhanahu wa Ta’ala akan memberikan kemudahan kepadanya di Dunia dan Akhirat. Siapa yang menutupi aib saudaranya kaum muslimin maka Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menutupi aibnya di Dunia dan Akhirat. Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala senantiasa akan menolong hambanya selama ia menolong saudaranya”. (HR. Muslim).

“Tidak beriman seorang diantara kalian sehingga mencintai saudaranya kaum muslimin sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri”. (HR. Bukhari).

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala mencatat kita sebagai orang-orang yang beriman dengan sejatinya. Memudahkan kita untuk senantiasa menolong saudara-saudara kita se-aqidah. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan kemudahan bagi Kaum Muslimin yang masih teraniaya di berbagai penjuru bumi. Menolong mereka yang belum bisa merasakan keamanan dalam menjalankan kewajiban-kewajiban agama. Melindungi mereka dari kerusakan yang digencarkan oleh musuh-musuh Islam. Âmîn yâ rabbal ‘âlamîn

 

Download buletin Al Balagh : http://wahdahjakarta.com/download/

Leave A Reply

Your email address will not be published.