Buletin Al Balagh Edisi 2

0 744
Buletin Al Balagh Edisi 2
  • Version
  • Download 29
  • File Size 585.26 KB
  • Create Date September 28, 2017

Buletin Jumat Al Balagh Edisi 2 : Istidraj, Nikmat Bagi Pelaku Maksiat

Setiap hamba yang beriman dengan adanya hari akhirat pasti memandang bahwa nilai dunia yang kita singgahi saat ini begitu rendah dibandingkan kehidupan akhirat yang kekal.  Lantaran inilah Allah Ta'ala tidak menjadikan dunia sebagai ganjaran bagi kaum yang taat kepada-Nya. Sebagaimana Dia juga tidak menghukum kaum kafir dan yang bermaksiat dengan tidak memberikan mereka berbagai kenikmatan dunia. Hal ini telah diisyaratkan oleh sabda suci Baginda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. “Seandainya dunia ini di sisi Allah senilai harganya dengan sayap nyamuk niscaya Allah tidak akan memberi minum barang seteguk pun kepada orang kafir” (HR. Tirmidzi : 2320, shahih)

Hadits ini menunjukkan bahwa dunia tak memiliki nilai apa-apa di sisi Allah Ta'ala , sehingga kaya miskinnya seorang manusia tidak bisa dijadikan parameter nilai kemuliaannya di hadapan Allah Ta'ala , karena hal itu hanya bisa dinilai dari segi ketaqwaan: "Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal". (Terjemahan QS. Al-Hujurat: 13).

Hanya saja perlu diyakini bahwa kekurangan hidup dan musibah yang menimpa seorang mukmin yang taat adalah suatu ujian. Apabila ia bersabar dalam menghadapinya, Allah akan mengangkat derajatnya sebagai orang sabar yang meraih pahala yang tak terhingga.  “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabar yang dicukupkan pahalanya tanpa batas.” (Terjemahan QS. Az-Zumar: 10). Juga musibah atau kesulitan hidup tersebut akan menjadi penghapus dosa-dosanya bila ia bersabar karena Allah. “Ujian selalu bersama dengan orang beriman lelaki dan perempuan, baik di dalam diri, anak dan hartanya, sampai dia bertemu dengan Allah dalam keadaan tidak mempunyai satu kesalahan pun.” (HR Tirmidzi: 2687, shahih)

Download Buletin Al Balagh Edisi lainnya di : http://wahdahjakarta.com/download/

Leave A Reply

Your email address will not be published.