DPW DKI Jakarta dan Depok

Gandeng Forjim, Wahdah Islamiyah Jakarta dan Depok Gelar Diklat Jurnalistik Asyik

Training Jurnalistik Asyik Wahdah Islamiyah Jakarta-Depok bekerjasama dengan Forum Jurnalis Muslim (Forjim)
0 178
Training Jurnalistik Asyik Wahdah Islamiyah Jakarta-Depok bekerjasama dengan Forum Jurnalis Muslim (Forjim)

(Jakarta) Wahdahjakarta.com -, Wahdah Islamiyyah Jakarta-Depok bekerjasama dengan Forjim (Forum Jurnalis Muslim) menggelar Training Jurnalistik Asyik bertema “MENGGAGAS MEDIA, MERAJUT BERDAYA”. Acara digelar di Masjid Abu Bakar Ash Shiddiq Jatinegara, Jakarta Timur, pada Sabtu (30/03/2019). 

Ustadz Ilham Jaya, Lc, MHI selaku pembicara dengan tajuk “Menggagas Media Berdaya Tanpa Tapi”, menekankan pentingnya mengembangkan jaringan media islam. Menurutnya kemajuan informasi dan komunikasi seharsunya dimanfaatkan untuk hal itu.

“Kemudahan informasi dan komunikasi seharusnya juga lebih  memudahkan aktivis media Islam untuk mengembangkan jaringan mereka lebih luas”, tegas Ustadz Ilham.

Mantan jurnalis Majalah Internasional Al-Bayan London ini juga menekankan pentingnya penguasaan bahasa dunia Islam sebagai salah satu syarat untuk memengakses informasi-informasi global dan pengembangan jaringan media islam.

“Dengan menguasai bahasa asing, wawasan kita tidak terbonsai oleh informasi-informasi dari media yang ada di sekitar kita”, ungkap CEO PT Basaeer Asia Publishing ini.

Diungkapkannya, keberhasilan ekonomi Islam salah satunya sinergi pelaku ekonomi halal non ribawi dengan kalangan intelektualitas salah satunya penulis yang berfungsi mengedukasi masyarakat melalui media.

“Tumbuhnya kesadaran dan Perkembangan industri halal seharusnya jadi ceruk tersendiri bagi perkembangan media Muslim”, terangnya.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Wahdah Islamiyah Jakarta-Depok ini juga mengajak para praktisi media Islam untuk menjalin kerja sama deng kelompok intelektual dan akademisi untuk pengembangan media Islam.

Sementara itu koordinator bidang kaderisasi Forjim Ahmad Zuhdi mengatakan,  pelatihan ini penting diikuti oleh mereka memulai dunia jurnalistik sebagai bekal dalam menjalankan kerja-kerja jurnalis ke depan.

Jurnalis Indonesiainside.id ini juga mengingatkan kepada para peserta bahwa tugas jurnalis merupakan salah  satu bagian dakwah.

“Yakni dakwah bil kitabah atau dakwah bil qolam. Dakwah melalui tulisan”, jelasnya.  

“Dengan semangat ini, diharapkan dakwah dapat tersebar ke seluruh penjara dan mudah diterima oleh masyarakat tanpa mengenal batas teritori wilayah”, pungkasnya. (sym)

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: