DPW DKI Jakarta dan Depok

Gandeng MUI Pusat, DPP WI Gelar Upgrading Da’i dan Da’iyah se-Indonesia

Ustadz Zaitun Mengisi Upgrading Da'i
0 153

(Makassar) Departemen Dakwah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Wahdah Islamiyah bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat menyelenggarakan Upgrading Dai dan Daiyah Wahdah Islamiyah se-Indonesia. Acara yang dilaksanakan secara virtual diglar pada Sabtu, (14/11 2020) yang bertepatan dengan 28 Rabiul Awal 1442.
Menurut Ketua Harian DPP Wahdah Islamiyah Ustaz Dr. Rahmat Abdurrahman, Lc, M.A. kegiatan upgrading da’i dan daiyah ini dilaksanakan untuk meningkatkan ilmu dan wawasan persatuan umat dan kebangsaan dalam bingkai NKRI.

“Kegiatan ini juga untuk meningkatkan kompetensi para da’i dan daiyah agar lebih bijak dalam menghadapi realitas ummat ini,” tambahnya.

Upgrading diikuti sebanyak 551 da’i dan 943 daiyah Wahdah Islamiyah se-Indonesia dengan menghadirkan 3 narasumber dari MUI Pusat.

Dr. Lukmanul Hakim, M.Si, Ketua Bidang Pemberdayaan Ummat sekaligus Direktur Pelaksana LPPOM MUI Pusat menyampaaikan materi “Implementasi Konsep Halal di NKRI yang majemuk”.

Pemateri kedua adalah Dr. K.H. Muhammad Zaitun Rasmin, Lc., M.A, Wasekjen MUI Pusat yang juga Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah dengan materi “Islam dan Kebangsaan”.

Pemateri ketiga adalah Ustaz Drs. H. Sholahudin Al Ayub, M.Si. selaku Wasekjen Bidang Fatwa MUI Pusat, dengan materi “Konsep Tashwiyah al-Manhaj dan al-Harakah MUI”.

Kegiatan ini dibuka oleh Dr. K.H. Marsudi Syuhud selaku Ketua MUI Bidang Ukhuwah Islamiyah. Dalam sambutannya K.H. Marsudi mengatakan para dai dan da’iyah harus bisa melanjutkan estafet dakwah dan menempatkan posisi sebagai Khadimul Ummah dan Shadiqul Hukumah di Negara NKRI. Menurutnya dua peran tersebut tidak boleh dibenturkan.

“Dai harus bisa menyatukan hukum-hukum yang tetap dari Allah juga harus bisa mengaplikasikan di tengah perubahan yang ada. Mau tidak mau, dai dan daiyah juga harus mengikuti dan menjadi penghubung kepada ummat. Karena yang demikian tidak gampang olehnya itu penting bagi kita semua untuk terus belajar,” ujar K. H. Marsudi.

Meski berlangsung online para peserta sangat antusias dengan kegiatan tersebut, dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang masuk saat sesi tanya jawab.

“Jazaakumulllaahu khairan kepada para asatidzah, alhamdulillah hari ini lewat upgrading dai kami mendapat banyak ilmu, pencerahan dan pengarahan,” ungkap Riyan Saputra, peserta asal Kendari.

Kegiatan berakhir pada pukul 18.00 WITA ini ditutup oleh Ketua DPP Wahdah Islamiyah, ustadz Ir. Muhammad Qasim Saguni, MA.

Ustadz Qasim menyampaikan apresiasi dan ungkapan terimakasih kepada para pemateri dan semua pihak yang turut andil menyukseskan kegiatan tersebut. Ia juga berpesan kepada peserta untuk senantiasa istiqamah dan bersemangat dalam berdakwah.

“Upgrading ini benar-benar membuat kualitas kita meningkat. Meningkatkan kedewasaan dan yang lebih penting semakin bijak dalam menanggapi realitas ummat hari ini,” tegasnya.[rilis]

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: