DPW DKI Jakarta dan Depok

Hukum Menguburkan Jenazah Pada Malam Hari

0 311

Menguburkan Jenazah Pada Malam Hari

Pertanyaan:

Bagaimanakah hukumnya apabila seorang Muslim meninggal pada malam hari apakah ia boleh dikebumikan pada malam tersebut untuk penguburannya ditunda sampai esok hari?

Jawaban:

Yang utama adalah menyegerakan penguburan nya Hal ini berdasarkan Sabda Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam;

لا ينبغي لجيفة مسلم أن تحبس بين ظهراني أهله

“Tidak pantas bagi jenazah seorang Muslim ditahan diantara keluarganya”.

Disebutkan juga dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda;

ثلاث لا يؤخرن

Tiga perkara yang dilarang untuk  ditunda pelaksanaannya kemudian boleh menyebutkan diantaranya adalah penguburan jenazah”. ( HR. Bukhari, Imam Ahmad Tirmidzi, dan Ibnu Majah dengan sanad yang shahih).

Seandainya tidak ada orang yang mengurusi jenazah tersebut atau tidak ada orang yang menggali kuburnya atau pula karena menunggu salah satu kerabat dekatnya untuk menshalatkannya, dan mereka yakin bahwa jenazah tersebut tidak berubah atau atau tidak mengeluarkan bau tidak sedap maka saat itu maka pada saat itu boleh ditunda penguburannya dengan alasan-alasan tersebut di atas.

Namun jika tidak ada alasan untuk menunda-Nya, maka yang utama adalah menyegerakan penguburannya. Hal ini berdasarkan sabda Nabi Shallallahu Alaihi Wasalla;

أسرعوا بالجنازة؛ فإن تك صالحة فخير تقدمونها إليه، وإن تك سوى ذلك فشر تضعونه عن رقابكم

Bersegeralah kalian menguburkan jenazah! Jika ia orang sholeh maka kebaikan yang kamu segera kan kepada-nya, dan jika tidak baik maka keburukan yang kalian lepaskan dari bahu bahu kalian”. (Muttafaq ‘alaih).

Sumber: Tanya Jawab Seputar Jenazah, Syaikh Abdul Azizz bin Muhammad Al-Arifi

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: