DPW DKI Jakarta dan Depok

Jalani Pelatihan Jurnalistik, Media Muslim “Tercerahkan”

Pelatihan Jurnalistik Media Muslim
0 84
Pelatihan Jurnalistik, Media Muslim
Pelatihan Jurnalistik Media Muslim

JALANI PELATIHAN JURNALISTIK, MEDIA MUSLIM “TERCERAHKAN”.

Jakarta(9/9) wahdahjakarta – Forum Jurnalis Muslim (Forjim) mengadakan Workshop Jurnalistik Dakwah Angkatan ke-4 di Masjid Jenderal Sudirman, di kawasan World Trade Center Jakarta Selatan.
Workshop ini diadakan pada tanggal 8-9 September 2018 dalam rangka perwujudan program OMOJ (One Masjid One Journalist) yang merupakan salah satu program Forjim di bidang pendidikan dan pelatihan.

Ada sekitar 30 peserta yang hadir dalam workshop tersebut. Masing-masing peserta berasal dari berbagai DKM Masjid, seperti Masjid Az Zikra Bogor & Masjid Al Azhar. Ada juga yang berasal dari lembaga & media, diantaranya Wahdah Islamiyah, LPOM MUI, Darul Qur’an, dll.

Peserta diajari segala hal di bidang jurnalistik mulai dari teknik wawancara, menulis berita, hingga teknik editing video dan pengambilan gambar.

Pemateri yang didatangkan pun beragam, dibuka oleh Ketua Umum Forjim, Dudy Sya’bani Takdir, S.I.Kom dengan meteri “Urgensi Dakwah Media”, kemudian dilanjutkan dengan teknik wawancara & penulisan berita oleh mantan ketua umum Forjim, Adhes Sastria Sugestian.
Pelatihan kemudian dilanjutkan kembali dengan sedikit sharing ringan mengenai editing video dan pengambilan gambar oleh Produser Video dari ACT dan dilanjutkan oleh materi seputar video editing menggunakan smartphone oleh Direktur Forum Jurnalis Muslim TV, Setyohadi Wiratmoko.

Hari kedua pelatihan, materi yang diajarkan full praktek oleh KPI dan ditutup dengan pelatihan public speaking oleh Radio Dakta.

Dalam sesi testimoni, para peserta mengaku sangat beruntung bisa mengikuti Workshop tersebut karena banyak ilmu baru yang mereka ketahui. Diantaranya ada yang merasa lebih semangat lagi dalam berdakwah di dunia maya dengan ilmu-ilmu yang mereka dapatkan dan mengaplikasikan ilmu yang mereka peroleh di lembaga masing-masing.

Peserta Pelatihan Jurnalistik Media Muslim
Peserta Pelatihan Jurnalistik Media Muslim

“Kami berharap agar Forjim kembali mengadakan kegiatan ini, dan kembali merekrut serta membangkitkan semangat para jurnalis muslim potensial yang akan membela agama ini melalui tulisannya.” ujar salah satu peserta.(Fry)

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: