DPW DKI Jakarta dan Depok

Karimah, Momentum Muslimah Bogor Menjemput Ramadhan

0 191

Jannah yang juga mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris UIKA Bogor ini mengharapkan sajian Karimah dari panitia dapat menjadi momentum para muslimah yang hadir untuk menjemput Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

(Bogor) wahdahjakarta.com– Cuaca Ahad pagi (06/04/2018) itu cerah dan syahdu. Beberapa muslimah berkerudung merah jambu mulai sibuk beraktivitas, saling membantu menyiapkan perlengkapan untuk sebuah perhelatan akbar bernama Karimah (Kajian Ilmiah Ramadhan Muslimah). Acara bertajuk “Menjejak Surga dengan Spirit Ramadhan” itu dilaksanakan dalam Aula Fakultas Teknik Universitas Ibnu Khaldun Bogor sejak pukul 08.00 hingga 12.00 WIB dengan jumlah peserta lebih dari seratus muslimah.

Karimah Bogor terlaksana atas kerjasama Quranic Lovers Community (QLC) Universitas Ibn Khaldun, Komunitas Kajian Mahasiswa Muslim (KKMM) IPB, dan Forum Muslimah Dakwah Kampus Indonesia (FMDKI) Daerah Bogor. Ketua Panitia Nur Jannah  mengungkapkan, Karimah dilaksanakan sebagai upaya menjadikan Ramadhan para Muslimah Kota Bogor menjadi semakin bermakna berlandasakan ilmu Syar’i sesuai dengan tuntunan Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam. Tidak hanya itu,  Jannah yang juga mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris UIKA Bogor ini mengharapkan sajian Karimah dari panitia dapat menjadi momentum para muslimah yang hadir untuk menjemput Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

Senada dengan Jannah FMDKI Daerah Bogor Lilis Lisnawati juga  mengatakan Karimah Kota Bogor adalah agenda rutin setiap tahun yang dilaksanakan serentak dalam satu kepanitian nasional bersama muslimah-muslimah kampus di seluruh Indonesia

Karimah Bogor kali ini menghadirkan Dr. Dewi Suryani Dj, M.Pd dan Ustadzah Asiyah, Lc sebagai pembicara. Kedua pembicara menyampaikan pentingnya momentum Ramadhan sebagai ajang mendulang pahala sebanyak-banyaknya. Bulan Ramadhan juga harus dijalankan sesuai petunjuk Rasulullah Shallallhu’alaihi Wasallam. Tak hanya itu, Ramadhan adalah bulan khusus yang harus diisi dengan target-target seperti mengkhatamkan serta menghafalkan surah-surah tertentu dari Alqur’an. Pembicara menjelaskan batas-batas waktu dalam berpuasa sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Tak hanya itu, kedua pembicara juga menjelaskan amaliah-amaliah yang lebih utama dalam bulan Ramadhan seperti memperbanyak dzikir, menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur, memburu malam lailatul Qadr serta amalan-amalan penting lainnya.

Peserta Karimah datang dari berbagai kalangan seperti siswi SMP dan SMA/SMK, Mahasiswa S1, S2, serta Ibu-Ibu Majelis Taklim. Mereka terlihat antusias mengikuti rangkaian acara Karimah dari pembukaan hingga penutup. Salah satu peserta memberikan kesan pesan untuk Karimah. Menurutnya, Karimah merupakan acara yang tepat dilakukan menjelang Ramadhan seperti saat ini, Karimah juga memberikan tambahan pengetahuan bagi peserta agar tidak menjadikan Ramadhan berlalu dengan sia-sia. Tak hanya peserta, salah satu panitia mengungkapkan Karimah adalah ajang yang berkesan. Selain melatih berorganisasi, Karimah menjadi momentum tepat untuk memperbaiki dan merefresh diri menjadi muslimah yang lebih baik serta mempererat ukhuwah. Semoga Karimah ditahun mendatang menjadi lebih baik. [Megafirmawanti].

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: