DPW DKI Jakarta dan Depok

Keajaiban dan Keutamaan Malam Pertama bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan
0 297
Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah (syahrun mubarak).  Ia datang membawa beragam kebaikan dan keutamaan.  Keutamaannya bermula sejak malam pertama.  Sebagaiamana dikabarkan oleh nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sllam melalui hadits berikut.

” إذا كان أول ليلة من شهر رمضان صفدت الشياطين ومردة الجن ، وغلقت أبواب النار فلم يفتح منها باب ، وفتحت أبواب الجنة فلم يغلق منها باب ، وينادى مناد كل ليلة : يا باغي الخير أقبل ويا باغي الشر أقصر ، ولله عتقاء من النار وذلك كل ليلة “

Jika malam pertama bulan Ramadhan telah masuk maka para dedengkot setan dan jin dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup dan tidak ada satu pintupun yang dibuka,  pintu-pintu surga dibuka dan tidak ada satu pintu pun yang ditutup,  dan setiap malam ada seruan yang memanggil,  wahai para pencari kebaikan bergegaslah,  wahai para pencari keburukan tahanlah diri kalian,  dan setiap malam ada yang dibebaskan dari neraka oleh Allah“. (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah, dishahihkan oleh Syekh Al-Albani).

Dalam riwayat lain dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu,  Rasulullah shallallahu ‘alihi wa sallam bersabda:

” أتاكم شهر رمضان شهر مبارك فرض الله عليكم صيامه تفتح فيه أبواب الجنة ،وتغلق فيه أبواب الجحيم ، وتغل فيه مردة الشياطين ، وفيه ليلة خير من ألف شهر من حُرم خيرها فقد حُرم “

“Bulan Ramadhan telah mendatangi kalian,  bulan yang penuh berkah.  Pada bulan ini Allah mewajibkan kepada kalian berpuasa.  Pada bulan ini pula pintu-pintu surga dibuka,  pintu-pintu neraka ditutup, dan para dedengkot setan dibelenggu.  Di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan,  siapa yang terhalangi dari kebaikan malam tersebut maka ia telah terhalangi (dari kebaikan yang banyak).  (HR. Nasai).

Imam An-Nawawi mengutip perkataan Al-Qadhi ‘Iyadh tentang makna, “Pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu”, “Kemungkinan yang dimaksud adalah makna lahiriahnya dan hakikinya, bahwasannya dibukanya pintu-pintu surga, dan ditutupnya pintu-pintu neraka serta dibelenggunya setan-setan merupakan tanda masuknya bulan suci Ramadhan dan pengagungan terhadap kemuliaan bulan Ramadhan. Dibelenggunya setan agar meraka tidak dapat mengganggu dan menggoda orang-orang beriman”.

Dan kemungkinan yang dimaksud adalah makna majazi (metaforik), yang dimaksud adalah banyaknya pahala dan ampunan, serta berkurangnya gangguan dan godaan setan, sehingga mereka seolah-olah menjadi seperti terikat. Hal ini didukung oleh riwayat lain yang berunyi, “pintu-pintu langit dibuka, dan para dedengkot setan dibelenggu”.

Al-Qadhi Iyadh juga berkata, “Boleh jadi maksud pintu-pintu surga dibuka adalah ibarat tentang dibukanya pintu-pintu ketaatan oleh Allah pada bulan ini tidak seperti pada bulan lain secara umum, seperti puasa, qiyam (shalat Tarawih), serta pebuatan lainnya dan meninggalkan pelanggaran terhadap syariat. Ini merupakan diantara sebab masuk surga dan pintu-pintunya.

Kesimpulan:

  • Keutamaan bulan Ramadhan bermula sejak malam pertama masuknya bulan Ramadhan.
  • Jika bulan Ramadhan masuk maka pintu-pintu surga dan pintu kebaikan dibuka serta pintu-pintu neraka dan keburukan ditutup.
  • Pada bulan Ramadhan setan-setan dibelenggu, maknanya setan dibelenggu secara hakiki ata beraksud dimudahkannya melakukan kebaikan dan meninggalkan keburukan.

Wallahu a’lam bis Shawab (sym)

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: