DPW DKI Jakarta dan Depok

Khutbah Jumat : Masjidil Aqsa Terancam

masjidil aqsha
0 293

Khutbah Untuk Masjid Al-Aqsha
“Masjidil Aqsa Terancam”

Penulis: Tansiqiyatul Ulama
Penerjemah : Ust Sinatra Nata, SH
Editor : Dr. Syamsuddin Lahanufi

Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam dan tidak ada musuh kecuali bagi orang orang yang zhalim dan saya bersaksi tiada tuhan selain Allah tiada sekutu baginya dan saya bersaksi muhhammad hamba dan utusan Allah , dan yang mengajarkan kebaikan dan tidak lah ia meninggalkan kita kecuali sudah telah memberikan kita petunjuk , shalawat serta salam tak lupa kita berikan kepada rosulullah beserta keluarganya dan sahabat-sahabatnya .

Saya menasehati kalian dan diri kami untuk bertakwa kepada Allah Taala dan memperingatkan untuk mematuhi dan tidak melanggar larangannnya, seperti yang dikatakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala, “Barang siapa berbuat kebaikan maka untuk dirinya sendiri dan jika berbuat jahat maka itu juga untuk dirimu sendiri, dan tidaklah tuhanmu menzholimi hamba-Nya”.

Saudara-saudara sekalian

Sesungguhnya masjid al Aqsha adalah tempat yang agung dalam agama Islam karena dia merupakan kiblat pertama,  dan tempat mi’rajnya Rosulullah shollallahu alaihi wasallam.

Allah Taala berfirman;

Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat”. (TQS. Al-Isra` : 1)

Seperti halnya Palestina yang merupakan tempat suci yang diberkahi oleh Allah Taala dan juga apa yang disekitarnya (diberkahi oleh Allah). Dia juga adalah bumi risalah,  tempat berdiam dan diutusnya kebanyakan Nabi dan Rasul ‘alaihimussalam. Allah Ta’ala berfirman tentang hal ini;

“Wahai kaumku, masuklah ke tanah suci (Palestina) yang telah ditentukan Allah bagimu dan janganlah kamu lari kebelakang (kerana takut kepada musuh), maka kamu menjadi orang-orang yang rugi”. (TQS. Al Maidah 5:21)

Dan Allah mengatakan: “Dan Kami pusakakan kepada kaum yang telah ditindas itu, negeri-negeri bahagian timur bumi dan bahagian baratnya yang telah Kami beri berkah padanya

Dan Allah mengatakan : “Dan Kami seIamatkan Ibrahim dan Luth ke sebuah negeri yang Kami telah memberkahinya untuk sekalian manusia”.

Keutamaan masjid al Aqsho banyak sekali  Disebutkan dalam Alquran. Demikian pula hadis-hadits Nabi penuh dengan keutamaan dan kesucian  bumi Palestina serta kedudukan Masjid Al-Aqsho.

juga disebutkan tentang keutamaannya dan al quds dan juga tempat kita masjid al aqsho yang di berkahi oleh Allah.

Nabi  kita shollallahualaihi wasallam menganjurkan kita untuk menziarahi masjid al aqsho dan sholat didalamnya. Hal ini tersirat dalam hadis shohih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dari Abu HUrairah rodiallahuanhu dia berkata”;

“Tidak  diperkenakan mengerahkan usaha melakukan suatu perjalanan kecuali menuju tiga Masjid, yaitu Masjid Al-Haram (di Mekkah), dan Masjidku (Masjid An-Nabawi di Madinah), dan Masjid Al-Aqsha (di Palestina)”.

Dalam  hadis lain dari sahabiyah yang mulia, Maimunah rodiallahuanha, beliau berkata kepada Nabi, Wahai Rasulullah, berilah kami fatwa tentang Baitul Maqdis. Maka Rasulullah menjawab, “Bumi tempat bertebaran dan tempat berkumpul. Datangilah ia, dan shalatlah di dalamnya, karena sesungguhnya shalat di dalamnya seperti seribu kali shalat dari shalat di tempat lain”. (HR Ahmad).

Dalam hadis Abu Dzarm beliau berkata,  “Wahai Rasulullah, masjid apakah yang pertama diletakkan oleh Allah di muka bumi?” Beliau bersabda, “Al-Masjid Al-Haram”. Abu Dzar bertanya lagi, “Kemudian apa?”. Beliau bersabda, “Kemudian Al-Masjid Al-Aqsha”. Abu Mu’awiyah berkata “Yakni Baitul Maqdis” . Abu Dzar bertanya lagi, “Berapa lama antara keduanya?”. Beliau menjawab, “Empat puluh tahun”. (HR Ahmad ).

Ini merupakan riwayat riwayat yang menegaskan kesucian dan keutamaan Bayt Al-Maqdis dan Masjid Al-Aqsa.

Masjid Al-Aqsa saat ini dalam bahaya besar. Dia belum terkena bahaya yang lebih besar daripada hari-hari ini. karena kepercayaan orang-orang Yahudi, Yudaisme Ortodoks, dan Zionisme Kristen telah setuju dengan apa yang mereka sebut sebagai kelompok Kuil bahwa saatnya telah tiba untuk menghancurkan Masjid Al-Aqsa dan membangun kuil yang diduga telah direncanakan oleh orang-orang Yahudi sejak mereka menginjakkan kaki di masjid ini pada tahun 67, ketika mereka mulai menggali di bawah Al-Aqsa. Dengan dalih mencari sasaran empuk yang diduga mereka setelah rencana mereka atas Tembok Buraq dan transformasinya menjadi apa yang disebut Tembok Barat.

Oleh karena itu, Zionis mendukung orang orang yang mukim sepanjang sejarah kontemporer untuk menyerbu Masjid Al-Aqsa dan sekitarnya untuk melakukan atau melaksanakan ibadah atau ritual keagamaan mereka dan menyebarkan kotoran mereka di dalamnya. Dan  hari ini geng Kuil setuju untuk memobilisasi puluhan ribu orang Yahudi untuk menyerbu Al- Masjid Aqsa dan mendominasi sebagian besar sebagai persiapan untuk membaginya menjadi beberapa bagian untuk memberi ruang bagi ritual mereka di Masjid Al-Aqsa dalam persiapan untuk penghancuran dan pelaksanaan rencana mereka.

Pada tanggal dua puluh delapan bulan suci ini, bulan Ramadhan yang diberkati akan dimulai. Bersamaan dengan putra-putra Yerusalem yang heroik untuk membantunya dengan dada telanjang, ini menyebabkan mundurnya kawanan pemukim dan polisi mereka, dan ketidakmampuan mereka untuk mendominasi tempat yang diberkati ini (Bab al-Amud) .

Oleh karena itu, Al-Aqsa berseru kepada Anda, umat Islam di manapun, agar kalian datang membantunya, dan berdiri di samping saudara-saudara kalian yang ditempatkan di dalam Masjid Al-Aqsa dari orang-orang Yerusalem dan orang-orang Palestina, dukung mereka dengan doa, permohonan. dan mobilisasi, serta melakukan segala sesuatu yang diperlukan untuk kelanjutan ketabahan kelompok pahlawan dari putra-putra Palestina dan orang-orang adil Al-Aqsa ini.

Satukan slogan kita bersama  “Kita semua siap berkorban untuk Al-Quds dan Al-Aqsa”. Mari  kita umumkan dengan menyebar luaskan secara umum dengan semua kemampuan kita miliki, sesuai dengan kemampuan masing-masing dan kemampuannya dalam mempertahankan  mempertahankan kehormatan, martabat dan kebanggaan kita, untuk Al -Aqsa satukan kehormatan dan keyakinan bangsa.

Kita harus melakukan semua yang kita bisa, melakukan yang terbaik, dan menunjukkan kepada Tuhan dari kita setiap upaya dan kerja keras demi Al-Quds dan Al-Aqsa.

Kami menghimbau semua institusi Islamdi dunia Arab dan Islam. Kami menghimbau semua para pemuda (i) di mana-mana. Kami menghimbau para pembela hak asasi manusia di dunia, untuk menyampaikan pembelaan dan dukungan mereka kepada  orang-orang yang benar untuk mengambil kembali hak-hak mereka yang dicuri dan untuk melawan penindasan dan mencegahnya dari penindasan dan kezoliman.

Semua pembelaan dan usaha kita hari ini harus difokuskan untuk melayani Al-Quds dan Al-Aqsa. Kita harus memanfaatkan Ramadhan untuk berlindung kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa, menyatukan barisannya, mengangkat suara dan panji-panjinya, dan mendukungnya. atas musuhnya dan membebaskan penindasan darinya.

Kita juga harus mengarahkan uang kita untuk mendukung saudara-saudara kita di Yerusalem dan Al-Aqsa, karena mereka menderita  dan penindasan dengan segala cara yang dilakukan ileh Zionis.

Kami juga menghimbau pesan kepada orang-orang di negara ini untuk menjadikan apa yang terjadi di Masjid Al-Aqsa bagian dari apa yang mereka terbitkan dan sebarluaskan di media sosial, dan menjadikan berita Yerusalem sebagai prioritas bagi kita dalam publikasi kita.

Mari kita mengirim pesan kepada saudara-saudara kita yang ditempatkan di Masjid Al-Aqsa bahwa kita berbagi dengan mereka rasa sakit dan pertempuran mereka.

Dan sampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa siapa pun yang ingin merusak Masjid Al-Aqsa, kami akan bangkit  melawannya.

Kami juga menghimbau semua penduduk Al-Quds, Tepi Barat, dan Palestina bagian dalam, dan semua orang yang dapat mencapai Masjid Al-Aqsa untuk beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir Ramadhan di Masjid Aqsho. Hal ini guna  memotong akses  jalan bagi kawanan pemukim dari menyerbu Masjid Al-Aqsa, terutama di hari-hari penuh berkah ini.

Wahai orang orang beriman..

Al-Qur’an yang Mulia menjelaskan kepada kita dalam Surat Al-Israa bahwa Bani Israel merusak tanah ini dua kali, dan setiap kali mereka akan bangkit.

Dan Tuhanmu telah berwenang untuk mengirim mereka sampai Hari Kebangkitan mereka yang akan mengalami kemalangan karena tidak berimannya mereka dan penyimpangan mereka dari kebenaran.

Ketahuilah bahwa janji Allah  adalah benar dan bahwa Dia tidak mengingkari janji-Nya.  Bersatulah dan berpegang teguhlah pada agama-Nya dengan menolong Allah melalui perlindunganmu atas rumah suci-Nya. Agar Allah mereaslisasikan kemenangan kekuatan di tangan Anda.

Allah berfirman :

” Dan Kami selalu berkewajiban menolong orang-orang yang beriman.”

Sesungguhnya Kami akan menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia dan pada hari tampilnya para saksi (hari Kiamat).

Kita akhiri dengan mendoakan Al-quds dan Al-aqsha

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: