DPW DKI Jakarta dan Depok

Kisah Relawan Bencana di Bogor

Rela Tinggalkan Keluarga dan Pekerjaan Demi Misi Kemanusiaan

0 148
Relawan Wahdah Peduli dan WIZ

(Bogor) Wahdahjakarta.com — Kabupaten Bogor dikenal daerah rawan bencana, dari banjir musiman hingga tanah longsor. Khusus tanah longsor, bencana ini paling dominan terjadi.

Di balik keberhasilan pemerintah menangani kasus bencana alam, sejatinya ada peran relawan yang jumlahnya tak terbatas.

Bagi Rudi, menjadi relawan adalah niat mulia. Menyisihkan waktu dan tenaganya, meski harus memeluk rindu dengan keluarga yang harus ditinggalkan.

Rudi bersyukur diberi tenaga atau kekuatan fisik yang bisa dia sumbangkan untuk membantu meringankan korban bencana.

“22 Januari 2020 lalu saya bersama tim relawan berangkat dari Bandung. Saya lihat memang warga banyak yang kesulitan,” kata Rudi relawan Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) menceritakan pengalamannya di lokasi bencana.

Akses masuk ke lokasi menurut Rudi memang tak mudah dilalui. Terlebih banyaknya timbunan sisa-sisa tanah longsor, membuat beberapa kali mobil yang digunakannya mengantar logistik terendam lumpur.

“Tidak bisa gerak. Untung ada mobil lain yang membantu waktu itu,” katanya.

Baca Juga: Sinergi WIZ dan Wahdah Islamiyah Makassar Galang Puluhan Kantong Darah

Terakhir dia mengabarkan,kampung Sibarani, salah satu lokasi yang membutuhkan bantuan sangat butuh bantuan selang. Katanya, selang ini digunakan untuk mengalirkan air ke posko pengungsian dan rumah warga yang tersisa.

“Iya, kita juga perlu selang, karena air susah. Sumbernya tertutup longsor. Kami juga pernah rasakan antri di tolilet dan air tiba-tiba berhenti,” kisahnya.

Setiap musim hujan, berita mengenai pergerakan tanah di daerah ini memang hampir jadi konsumsi harian masyarakat. Bencana yang kerap datang bertubi itu tentu butuh penanganan cepat. Kendati telah memiliki lembaga penanganan bencana alam, pemerintah nampaknya masih kewalahan. Sebab, masih minimnya peralatan, ditambah dampak dari bencana ini sangat meluas dan signifikan. []

#wahdahinspirasizakat #wiz #wahdah #laznaswahdah #sedekah #ayozakat #berkahpeduli

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: