DPW DKI Jakarta dan Depok

Korban Gempa dan Tsunami Palu Meninggal Dunia 1.424

Relawan Wahdah peduli sedang melakukan evakuasi korban gempa dan tusnami Palu. Photo. Tim Media lLazis Wahdah
0 111
Gempa dan Tsunami Palu
Relawan Wahdah peduli sedang melakukan evakuasi korban gempa dan tsunami Palu. Photo. Tim Media Lazis Wahdah

(Jakarta) wahdahjakarta.com–Korban meninggal dunia akibat gempa dan tsunami Palu, Sigi, dan Donggala yang ditemukan terus bertambah.  Data  terbaru hingga Kamis siang mencapai 1.424 jiwa. 1.407 diantaranya telah teredintifikasi dan sudah dimakamkan.

“Korban meninggal dunia yang sudah dimakamkan 1.407 orang setelah diidentifikasi,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertema “Update Tanggap Bencana Sulteng” di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (04/10/2018).

Korban meninggal dunia terbanyak ditemukan di Kota Palu, yaitu 1.203 orang. Sementara di Kabupaten Donggala ditemukan korban meninggal dunia 144 orang, Kabupaten Sigi 64 orang, Kabupaten Parigi Moutong 12 orang dan Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar) satu orang.

“Prioritas pertama penanganan gempa dan tsunami di sana adalah melanjutkan evakuasi, pencarian dan pertolongan korban,” jelasnya.

Data lain mengenai korban terdampak gempa antara lain korban luka berat 2.549, tertimbun (yang sudah diketahui) 152 orang, dan 113 orang dinyatakan hilang. Korban selamat yang mengungsi tercatat 70.821 orang. Mereka tersebar di 141 titik pengungsian.

“Prioritas pertama penanganan gempa dan tsunami di sana adalah melanjutkan evakuasi, pencarian dan pertolongan korban,” jelasnya. (Rep:Fry/ed:sym).

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: