DPW DKI Jakarta dan Depok

Korban Meninggal Gempa Sulteng Hampir 2000an Jiwa

Tim SAR sedang melakukan eevakuasi korban mennggal gempa Sulteng di Petobo Palu Barat. Photo: Tim Media Lazis Wahdah
0 133
evakuasi jenazah korban meningggal  gempa sulteng
Tim SAR sedang melakukan eevakuasi korban mennggal gempa Sulteng di Petobo Palu Barat. Photo: Tim Media Lazis Wahdah

(Jakarta) wahdahjakarta.com,- Jumlah korban meninggal gempa Palu, Donggal, dan Sigi yang ditemukan dan dievakuasi terus bertambah. Pusat Data dan Informasi serta Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana  (BNPB) menyatakan bahwa jumlah korban meninggal gempa Sulteng sampai hari  ini (Senin)  adalah 1.949 jiwa.

“Tim evakuasi masih mencari, di Petobo, balaroa, selalu Tim SAR menemukan korban jumlahnya cukup banyak, karena memang diduga korban yang masih tertimbun atau berada di bawah reruntuhan bangunan banyak” ujar Kepala Pusat Data & Informasi serta Humas BNPB, Sutopo Nugroho dalam jumpa pers FMB9 yang digelar di Jakarta, Senin (08/10/2018) siang.

Secara terperinci Sutopo menyampaikan, di Kota Palu jumlah korban meninggal yang terdata sebanyak 1.539 jiwa, Kab. Donggala 171 orang, Kab. Sigi 222 orang. Sedangkan Parigi Moutong terdata secara stabil sebanyak 15 orang. Begitu  pula dengan Pasangkayu, Sulbar sebanyak 1 orang.

Seluruh korban sudah dimakamkan secara massal di beberapa daerah. Ada  pula yang diambil oleh keluarganya untuk dimakamkan di pemakaman keluarga.

Beliau juga menyebutkan, secara tenis korban yang ditemukan langsung diidentifikasi, dibawa ke rumah sakit terdekat kemudian secepatnya dimakamkan.

Selain korban meninggal sda pula korban luka-luka sebanyak 10.679 orang (2.549 orang luka berat, dan 8.130 sisanya luka ringan).

Data yang ada akan terus bergerak secara dinamis sesuai laporan oleh Tim Evakuasi yang di lapangan, dan untuk update selanjutnya akan disampaikan pada konferensi pers update tanggap darurat BNPB besok, 9 Oktober 2018. [fry/sym]

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: