DPW DKI Jakarta dan Depok

Lawan Corona, Mahasiswa Pesmadai Gelar Aksi Bagi-bagi Rempah ke Masyarakat

Mahasiswa Pesmadai saat Aksi Bagi-bagi Rempah
15

 

(JAKARTA) Wahdahjakarta.com — Pesantren Mahasiswa Dai (Pesmadai) menggelar kegiatan bagi-bagi rempah kepada masyarakat Ciputat, Depok, dan Bogor.

Kegiatan ini dinamakan gerakan #PesmadaiPeduliIndonesia dimana kegiatan ini dilakukan oleh seluruh elemen Pesantren Mahasiswa Pesmadai (Pesmadai). Baik dari lingkup santri, pengurus, musyrif, dan juga direktur Pesmadai ikut andil dalam mensukseskan kegiatan tersebut.

Menurut Direktur Pesmadai Ahmad Muzakki, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan optimisme masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Dalam menghadapi pandemi Covid-19, kondisi psikis masyarakat Indonesia sekarang tidak baik-baik saja. Oleh karena itu harus ada gerakan-gerakan influence seperti Pesmadai Peduli sebagai langkah optimisme masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19,” tutur Ahmad Muzakki dalam keterangannya kepada media di Jakarta, Sabtu (28/03/2020).

Selain itu, kegiatan pada pada 25-26 Maret 2020 ini juga untuk menumbuhkan kepedulian mahasiswa Pesmadai kepada masyarakat dalam menghadapi bencana sosial.

Dalam kegiatan kepedulian ini, tampak para mahasiswa semangat dalam membagikan rempah-rempah kepada para warga.

Adapun yang dibagikan berupa jahe, kunyit, temulawak, dan jeruk nipis.

Di samping itu, Direktur Pesmadai menuturkan bahwa “Saya berharap semoga cobaan ini sebagai langkah bagi kaum masyarakat Indonesia untuk memperkuat iman dan taqwa kita kepada Allah Azza Wa Jalla, karena kita sebagai hamba tidak ada daya di hadapan sang Kuasa. Maka dari itu, di samping kita memperkuat imun, mari kita sama-sama memperkuat iman. Kita berlindung dari Allah agar bangsa kita cepat pulih dari wabah ini.”

Semoga kegiatan-kegiatan positif senantiasa tersalurkan kepada masyarakat dalam menghadapi Novel Coronavirus. Kita berjuang sesuai dengan tupoksi masing-masing. Pemerintah dengan perannya, tenaga medis dengan perannya, dan kita sebagai masyarakat berperan sesuai dengan apa yang bisa kita lakukan, katanya juga.

Masyarakat merasa senang bisa mendapatkan rempah rempah dari para santri tersebut. Aksi itu pun mengingatkan mereka mengenai tumbuhan-tumbuhan di lingkungan sekitar rumah atau bumbu masakan. Bahwa, ternyata rempah-rempah tersebut bisa menjaga kesehatan dan menangkal corona.

Seperti yang dikatakan Pak Fauzi di Depok, salah satu warga di yang mendapatkan rempah-rempah dari santri tersebut.

“Terima kasih yah, Dek, sudah menginspirasi kami dengan berbagi rempah-rempah ini,” tuturnya.

Pesmadai adalah lembaga swadaya yang didirikan untuk pengembangan dakwah dan pendidikan khususnya untuk kalangan mahasiswa.

Pesmadai berdiri di bawah Yayasan Dai Muda Indonesia dengan legal formal SK Kemenkumham No. AHU-0004236. AH.01.12. Tahun 2018 dan Akta Notaris No. 1 /IK/SK/I/2018, NPWP 84.679.430. 3-002.000.

Pesmadai berkomitmen menjadi wadah pembinaan yang diharapkan melahirkan peserta didik yang tinggi ilmunya, kokoh imannya, meluas amalnya, mulia akhlaknya, cinta Indonesia, serta menjadi perekat persatuan dan kesatuan NKRI.

Selain bergelut dengan Al-Qur’an dan pelajaran di dalam ruangan, mahasiswa dan mahasiswi Pesmadai turut berperan aktif membangun bangsa dan agama, termasuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam berbagai aksi di lapangan.

Antara lain turut peduli terhadap para korban gempa dan tsunami Palu, Donggala, Sulawesi Tengah; peduli korban banjir; berbagi takjil ke jalan raya pada bulan Ramadhan; menggelar Ngaji On the Road bersama generasi muda milenial; peduli Palestina.

Termasuk serta, kata Muzakki, pihaknya aktif merespons isu-isu terkini kebangsaan dan dunia seperti pandemi virus corona.

“Pesmadai turut bergerak cegah Covid-19,” katanya.

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.