DPW DKI Jakarta dan Depok

Lulus Cumlaude Sebagai Doktor, Ustadz Syam : Pemuda Bisa Jadi Da’i

446

(BOGOR) Wahdahjakarta.com – Ustadz Syamsuddin La Hanufi, Pimpinan Pesantren dan SMA Qur’an Wahdah Islamiyah Bogor dikukuhkan sebagai doktor pendidikan Islam di Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor, Selasa, (25/2).

Penguji Sidang Doktor ustadz Syamsuddin

Beliau dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan atau “Cumlaude” setelah memaparkan desertasinya yang berjudul “Pengembangan Model Pendidikan Kaderisasi Da’i Wahdah Islamiyah”.

Ust. Syam, panggilan beliau, memilih Wahdah Islamiyah sebagai obyek penelitian karena menganggap ormas ini berkembang cukup pesat. Saat ini telah memiliki kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah, di semua provinsi dan lebih dari 2000 da’i.

Da’i menurutnya adalah tulang punggung utama dalam pergerakan dakwah Wahdah Islamiyah. Oleh karena itu, proses kaderisasinya menjadi titik paling krusial dalam keberlangsungan hidup organisasi tersebut.

Ustadz Syamsuddin di hadapan penguji saat mempresentasikan Disertasinya

Dalam desertasinya, Ust. Syam juga memaparkan pentingnya kaderisasi da’i sejak usia remaja.

Menurutnya, seharusnya ketika kader da’i telah lulus dari jenjang pendidikan SMA dan sederajat, sudah bisa berdakwah karena demikian juga para sahabat Nabi dahulu ketika dibina oleh Rasulullah shalallahu alaihi wasallam.

“Sebenarnya ini juga sudah pernah ada di negara kita. Dahulu kita punya sekolah PGA, pendidikan setingkat SMA yang lulusannya siap mengajar” paparnya. [ibw].

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.