DPW DKI Jakarta dan Depok

MENYEPUH EMAS

0 54

MENYEPUH EMAS

Jika ada hadits yang diriwayatkan melalui Imam Malik, dari Nafi’, dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, maka jalur ini disebut “Silsilatudz Dzahab“.
.
Imam Al Bukhari rahimahullah mengatakan, “Sanad yang paling shahih adalah (dari jalur) Imam Malik, dari Nafi’, dari Ibnu ‘Umar”.
.
Silsilatudz Dzahab artinya rantai emas. Teramat istimewanya mata rantai ini. Hingga bergelar “emas” di antara sekian banyak jalur sanad yang tersambung hingga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.
.
Kepingan-kepingan mata rantai itu adalah orang-orang istimewa. Teramat istimewa.

Ibnu ‘Umar adalah shahabat Nabi. Putra dari Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu. Pemilik keutamaan yang teramat masyhur. Salah satu ulama dari kalangan shahabat. Guru besarnya para tabi’in.
.
Demikian pula Imam Malik. Teramat masyhur namanya. Salah satu bintang di zaman atba’ut tabi’in. Gunung ilmu yang menjulang tinggi. Imamnya “darul hijrah” kota Nabi. Salah satu guru Imam Asy Syafi’i.
.
Tersisa satu nama lagi: Nafi’. Siapa Nafi’ ini? Biasa disebut Nafi’ maula Ibnu ‘Umar.
.
Ya. Beliau seorang “maula“. Mantan budaknya Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhu.
.
Bagaimana bisa mantan budak disepuh menjadi emas? Dengan apa ia disepuh? Apa lagi kalau bukan ilmu?
.
Awalnya ia hanyalah tawanan dari Persia. Setelah menjadi budak Ibnu ‘Umar, Allah karuniakan kepadanya anugerah yang tak terkira nilainya. Ia dikelililngi oleh ahli ilmu dari generasi terbaik umat ini.
.
Ia hidup di tengah-tengah “emas”. Hingga ia pun turut menjelma menjadi “emas”.
.
Berkumpul dengan orang-orang shalih adalah salah satu wasilah penting_ba’dallahi, untuk bisa istiqamah. Semoga Allah senantiasa hubungkan kita dengan orang-orang baik, ahli taat, dan ahli ilmu.
.
Allahummarzuqnal istiqamah wa husnal khatimah.

Murtadha Ibawi
(Da’i Wahdah Islamiyah Jakarta)

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: